Cegah Anak Tertular Pneumonia, Ini Hal yang Harus Dilakukan

Selasa, 17 November 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cegah Anak Tertular Pneumonia, Ini Hal yang Harus Dilakukan Ilustrasi anak sakit. ©Shutterstock.com/ Dmitry Naumov

Merdeka.com - Pneumonia merupakan salah satu penyakit yang bisa ditularkan pada orang lain. Jika tidak hati-hati, masalah kesehatan ini bisa tanpa sengaja ditulakrkan pada anak.

Dokter spesialis anak, Prof. Soedjatmiko melarang Anda yang mengalami batuk atau pilek mencium bayi dan balita di sekitar Anda untuk mencegah mereka terkena penyakit akibat bakteri, virus atau jamur termasuk pneumonia di masa pandemi COVID-19 saat ini.

"Bakteri, virus, jamur ada di mana-mana. Kalau ada keluarga yang batuk pilek, jangan mencium bayi dan balita," terangnya beberapa waktu lalu.

Selain itu, sebaiknya pakailah masker dan mencuci tangan sebelum menyentuh bayi dan balita serta segeralah berobat untuk memulihkan kondisi Anda. Soedjatmiko mengatakan, patogen penyebab pneumonia bisa masuk ke hidung, saluran napas anak dan merusak paru-parunya saat kekebalan tubuhnya yang rendah.

Penyebab rendahnya kekebalan ini karena beberapa faktor antara lain asap rokok, debu di rumah yang kemudian merusak saluran napas, kurangnya anak mendapatkan asupan ASI eksklusif sehingga menyebabkannya kurang gizi. Belum lagi jika si kecil lahir dengan berat badan rendah, tidak diimunisasi, menderita penyakit kronik dan terlambat berobat sehingga maka kondisi ini membuatnya berisiko kehilangan nyawa karena pneumonia.

Baca Selanjutnya: Gejala Pneumonia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini