Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara menghilangkan panu dengan 10 bahan alami secara cepat

Cara menghilangkan panu dengan 10 bahan alami secara cepat Ilustrasi penyakit kulit. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Panu (Tinea Versicolor) merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Tanda -tanda panu muncul adalah adanya bercak-bercak putih pada putih yang disertai dengan gatal-gatal. Tidak selalu berwarna putih, bercaknya bisa berwarna coklat, merah, bahkan hitam tergantung pada warna kulit penderita. Panu berbeda dengan jerawat. Jika jerawat terlihat menonjol, maka panu tidak menonjol sama seperti kulit pada umumnya. Panu akan terasa gatal ketika kita berkeringat.

Jamur penyebab panu adalah malassezia. Jamur ini tidak berbahaya dan memang pada umumnya ditemukan pada kulit manusia. Penyakit ini tidak menular. Namun jika kita terkena panu, seiring berjalannya waktu, bercak-bercak di kulit melebar. Hal ini dikarenakan pertumbuhan jamu tidak terkendali. Ini akan menambah penderitaan seseorang yang terkena panu karena area yang mengalami gatal-gatal semakin luas dan menyebabkan kulit terasa kasar seperti bersisik.

ilustrasi penyakit kulit

Ilustrasi penyakit kulit ©2017 Merdeka.com

Masih belum jelas memang yang menyebabkan jamur malassezia berkembang secara tidak terkendali pada sebagian orang. Terkadang tingkat kebersihan pada seseorang dikaitkan dengan pertumbuhan jamur ini. Da faktor lain yang memicu pertumbuhan jamur malassezia menjadi tidak terkendali, antara lain :

Jenis kulit berminyak

Berusia remaja atau dewasa muda

Mengalami perubahan hormon

Tinggal pada daerah yang lembap dan bersuhu panas

Produksi keringat berlebihan

Tingkat kekebalan tubuh yang rendah

Panu biasanya muncul pada area kulit yang sering berkeringat wajah, leher, dada, ketiak, lengan, punggung, perut, lipatan paha, bahkan tangan. Memang panu adalah penyakit yang tidak berbahaya, namun jika panu muncul pada area terbuka tentu akan mengganggu penampilanmu. Pastinya bikin tak percaya diri (PD) saat lagi jalan-jalan dengan panu yang terlihat oleh semua orang. Selain membuat Anda tidak PD, panu juga membuat Anda merasa tidak nyaman karena rasa gatal terus-menerus.

Cara menghilangkan panu secara cepat bisa Anda lakukan dengan menggunakan cara yang alami. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan anti jamur yang dijual di apotek tanpa perlu membawa resep dokter. Baru ketika obat-obatan yang Anda lakukan sendiri di rumah tidak kunjung membuat panu hilang, Anda bisa segera periksakan diri ke dokter.

Namun, cara menghilangkan panu tak hanya melulu memakai obat jamur yang bisa Anda beli di Apotek. Anda juga bisa menghilangkan jamur dengan memakai bahan-bahan alami yang mudah ditemui dan tentu saja berada di sekitar Anda.

Cara menghilangkan panu dengan bahan alami

1. Tea tree oil

Pohon teh atau melaleuca adalah jenis tanaman yang mengandung antiseptik sangat tinggi sehingga sering digunakan untuk menyembuhkan luka. Dalam banyak penelitian telah terbukti jika tea tree oil membunuh banyak bakteri, virus, dan jamur.

Untuk menggunakan tea tree oil, Anda perlu menyiapkan tea tree oil, minyak kelapa, dan minyak lavender. Campurkan 1 sdrt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender. Aduk rata lalu usapkan pada panu menggunakan kapas atau cotton bud.Untuk hasil yang lebih maksimal dan cepat, Anda bisa menambahkan minyak oregano. Ini bisa jadi salah satu cara menghilangkan panu di wajah secara alami.

2. Minyak kelapa

ilustrasi minyak kelapa

Ilustrasi minyak kelapa ©Shutterstock/mypokcik

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus, dan bakteri. Kandungan asam lemak dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Anda tinggal mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu, diamkan hingga kering.

3. Minyak oregano

Cara menghilangkan panu selanjutnya dengan menggunakan minyak adalah dengan minyak oregano. Minyak oregano tentu berasal dari tumbuhan oregano. Bagian yang digunakan dalam minyak oregano adalah daun dan bunganya. Senyawa yang terkandung dalam minyak oregano adalah carvacrol. Senyawa ini terbukti dapat membunuh atau mengurangi infeksi bakteri, infeksi jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal ini dikarenakan carvacro bekerja sebagai penangkal atau anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

Anda cukup mengoleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena panu. Diamkan hingga kering dengan sendirinya.

4. Cuka apel

ilustrasi cuka apel

Ilustrasi cuka apel Shutterstock/mama_mia

Cuka apel mengandung zat yang berguna sebagai anti-mikroba. Kandungan senyawa anti-mikroba ini akan membantu kulit untuk mengontrol pertumbuhan jamur. Caranya adalah dengan campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air hangat. Ambil kapas lalu oleskan pada panu. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Yogurt

Yogurt kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Terdapat protein, protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, dan vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan. Dnegan mengoleskan yogurt pada kulit, kandungan probiotiknya akan mengontrol keberadaan jamur sehingga pertumbuhan jamur bisa terhambat. Oleskan dan diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Gunakan yogurt tawar.

Tidak hanya dioleskan, Anda juga disarankan meminum 2 gelas yogurt tawar setiap harinya untuk membasmi infeksi jamur dari dalam.

6. Belimbing wuluh

Cara menghilangkan panu selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan alami, yakni belimbing wuluh. Belimbing wuluh memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh. Di dalam belimbing wuluh terdapat glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. Belimbing wuluh juga mempunyai sifat anti jamur yang tentu saja cocok untuk menghilangkan panu. Yang Anda butuhkan hanya 1 buah belimbing wulu, potong jadi 4 bagian. Usap-usapkan belimbing wuluh pada bagian yang terkena infeksi jamur selama 5 menit. Biarkan mengering.

7. Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis

Ilustrasi jeruk nipis ©Shutterstock/Susan Fox

Flavonoid adalah antioksidan yang kuat. Senyawa ini terdapat pada jeruk nipis.Anti-oksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C.

Dalam mengaplikasikannya sebagai cara untuk menghilangkan panu, Anda perlu utnuk mencampur jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya zat keratolitik.

Campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang yang telah ditumbuk halus. Campurkan hingga keduanya menjadi krim. Oleskan pada panu, diamkan sampai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.

8. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bahan dapur saja. Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai obat alami untuk menghilangkan panu. Kandungan allicin merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat anti bakteri yang besar kandungannya dalam bawang putih. Bawang putih juga kaya akan antioksidan. Kandungan yang ada dalam bawang putih membuatnya terkenal sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur.

Caranya mudah saja. Ambil 1 siung bawang putih, potong menjadi dua bagian. Lalu gosokkan bawang putih pada panu selama 5 menit. Lakukan 2 kali sehari. Menggunakan bawang putih bisa menjadi salah satu cara menghilangkan panu pada bayi atau buah hati Anda yang masih balita.

9. Kunyit

Kunyit bisa jadi bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu hitam atau panu putih di tubuh Anda. Kandungan minyak volatile yang ada dalam kunyit bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Kunyit juga mengandung kurkumin yang merupakan anti-oksidan kuat yang menetralkan radikal bebas. Curcumin dan minyak volatile akan memberikan perlawanan yang berguna untuk membasmi jamur penyebab panu.

ilustrasi kunyit

Ilustrasi kunyit Shutterstock/MSPhotographic

Ada dua cara yang dapat digunakan. Yang pertama adalah dengan mengambil 1 ruas jari kunyit, kupas lalu usap-usapkan pada bagian yang terinfeksi jamur selama 5 menit dan diamkan. Yang kedua adalah dengan menumbuk halu 2 ruas jari kunyit lalu tempelkan atau oleskan pada bagian yang terinfeksi jamur. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Lengkuas

Tidak hanya berguna sebagai bumbu penyedap makanan, lengkuas juga mempunyai banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebut saja sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Korea bahkan menyatakan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Lengkuas pun bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan panu di tangan secar alami.

Cukup dengan mengambil lengkuas yang masih segar, potong-potong lalu usap-usapkan pada panu, lakukan selama 5 menit. Lakukan ini dua kali sehari. Senyawa flavonoid, amilum, dan kuersetin yang ada dalam lengkuas akan membasmi jamur penyebab panu. Cara lain dalam mengaplikasikan lengkuas sebagai penghilang panu adalah dengan haluskan 2 ruas jari lengkuas dengan 1 sdt garam, lalu oleskan pada panu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Anda kini sudah mengetahui 10 bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan panu. Namun perlu diingat, bagi Anda yang pernah menderita panu dan sudah diobat lalu sembuh, panu pun terkadang bisa kambuh. Hal tersebut normal karena memang jamur diproduksi pada kulit Anda.

Anda bisa menghindari pertumbuhan jamur yang tidak terkontrol dengan cara sebagai berikut :

Memakai bahan berserat alami (katun)

Jangan pakai pakaian yang terlalu ketat

Hindari makanan yang berminyak

Hindari paparan sinar matahari langsung

Jika hendak keluar, gunakanlah tabir surya.

itulah 10 bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan panu secara ampuh dan cepat. Semoga bermanfaat.

(mdk/mg2)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
image Rekomendasi
Makin Langsing & Glowing, Potret Nagita Slavina yang Kini Makin Getol Olahraga Selalu Curi Perhatian

Makin Langsing & Glowing, Potret Nagita Slavina yang Kini Makin Getol Olahraga Selalu Curi Perhatian

Tidak dapat dipungkiri bahwa Gigi sudah menjadi sorotan publik karena penampilannya yang semakin ramping.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Nagita Slavina Jenguk Baby Azura Anak Aurel Hermansyah, Momen Kebersamaan Rayyanza dan Ameena Malah Bikin Salfok

Nagita Slavina Jenguk Baby Azura Anak Aurel Hermansyah, Momen Kebersamaan Rayyanza dan Ameena Malah Bikin Salfok

Di tengah kesibukannya bekerja dan juga olahraga, Nagita menyempatkan waktu untuk menjenguk Baby Azura anak kedua Aurel Hermansyah

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Mewah dan Keren Abis, 10 Potret Kantor Baru Rans Milik Raffi Ahmad yang Bikin Takjub - Karyawan Auto Betah

Mewah dan Keren Abis, 10 Potret Kantor Baru Rans Milik Raffi Ahmad yang Bikin Takjub - Karyawan Auto Betah

Dengan adanya taman vertikal, suasana ruangan menjadi lebih hidup dan mempesona.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Cantiknya Agnez Mo Hadiri Konferensi di Dubai, Tampil Anggun Dalam Balutan Busana Batik

Cantiknya Agnez Mo Hadiri Konferensi di Dubai, Tampil Anggun Dalam Balutan Busana Batik

Agnez Mo hadir di Dubai untuk mengikuti event COP 28 UAE yang diselenggarakan di sana.

Baca Selengkapnya icon-hand
9 Kondisi yang Tampak pada Tubuh Akibat Kurang Mengonsumsi Sayuran

9 Kondisi yang Tampak pada Tubuh Akibat Kurang Mengonsumsi Sayuran

Kurang dalam mengonsumsi sayur bisa menimbulkan dampak pada tubuh yang mudah untuk kita kenali.

Baca Selengkapnya icon-hand
Lebih Sehat dari Salmon, Ini 7 Manfaat Kesehatan Ikan Kembung

Lebih Sehat dari Salmon, Ini 7 Manfaat Kesehatan Ikan Kembung

Terdapat kandungan protein yang tinggi dari ikan ini sehingga baik untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kopi Tanpa Ampas vs Kopi Tubruk, Manakah yang Lebih Sehat?

Kopi Tanpa Ampas vs Kopi Tubruk, Manakah yang Lebih Sehat?

Seiring dengan berbagai preferensi dalam dunia kopi, muncul pertanyaan: apakah kopi tanpa ampas lebih sehat dibandingkan kopi tubruk? Ini faktanya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tak Hanya Buahnya yang Enak, Daun Mangga Ternyata Bisa Mengurangi Penumpukan Lemak di Perut

Tak Hanya Buahnya yang Enak, Daun Mangga Ternyata Bisa Mengurangi Penumpukan Lemak di Perut

Jangan anggap remeh daun mangga, karena kandungan bioaktif seperti mangiferin membuatnya berpotensi mengobati berbagai penyakit.

Baca Selengkapnya icon-hand
9 Cara Sehat Menggemukkan Badan bagi Pria dan Wanita

9 Cara Sehat Menggemukkan Badan bagi Pria dan Wanita

Menambah berat badan atau menggemukkan badan perlu dilakukan dengan cara sehat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Benarkah Rambut di Bagian Tubuh Selain Kepala Tumbuh Lebih Cepat?

Benarkah Rambut di Bagian Tubuh Selain Kepala Tumbuh Lebih Cepat?

Apakah rambut di bagian tubuh lain seperti di ketiak atau di kemaluan tumbuh lebih cepat?

Baca Selengkapnya icon-hand
Mengapa Kita Tidak Bisa Mengingat Masa Bayi Kita?

Mengapa Kita Tidak Bisa Mengingat Masa Bayi Kita?

Mengingat masa lalu merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun kerap kita alami bahwa kita ternyata tak bisa mengingat kondisi kita saat bayi.

Baca Selengkapnya icon-hand
7 Aktivitas yang Wajib Dilakukan Usai Makan Besar

7 Aktivitas yang Wajib Dilakukan Usai Makan Besar

Makan besar atau dalam jumlah berlebih bisa menimbulkan dampak ke tubuh. Untuk mencegah dampak buruknya, berikut sejumlah hal yang bisa kamu lakukan.

Baca Selengkapnya icon-hand