Bolehkah Membangunkan Bayi untuk Menyusui Bayi Ketika Sedang Tidur?

Selasa, 15 September 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bolehkah Membangunkan Bayi untuk Menyusui Bayi Ketika Sedang Tidur? ilustrasi ibu menyusui. ©www.pregnancyandbaby.com

Merdeka.com - Menyusui merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang ibu yang baru melahirkan untuk memberi asupan nutrisi dan gizi bagi buah hati. Pada usia yang masih belia tersebut, bayi hanya bisa menangis untuk mengungkapkan keinginan mereka.

Terkait pemberian air susu ibu (ASI), banyak orang tua yang bertanya-bertanya apakah baik memberi susu ketika bayi tengah tidur. Hal ini membuat orang tua harus membangunkan dulu sang buat hati ketika tidur sebelum menyusuinya.

Dilansir dari Self, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bobot tubuh. Sebagian besar bayi yang baru lahir kehilangan berat badan pada beberapa hari setelah kelahiran.

Hingga bayi mendapat kembali bobot tubuhnya yang hilang selama seminggu setelah kelahiran, penting untuk menyusuinya dengan sering. Hal ini membuat kamu harus sering membangunkan bayi untuk menyusuinya terutama ketika dia tertidur lebih dari empat jam.

Setelah buah hatimu menunjukkan pertambahan berat badan serta mencapai berat badan tertentu, maka sebaiknya kamu tetap membangunkannya untuk menyusu. Jika telah mencapai berat badan ideal, maka kamu boleh menunggu dia terbangun untuk menyusuinya.

Baca Selanjutnya: Beberapa Hal Terkait Menyusui Bayi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini