Betulkah Keseringan Pakai Topi Bisa Sebabkan Kebotakan?

Selasa, 16 Februari 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Betulkah Keseringan Pakai Topi Bisa Sebabkan Kebotakan? Ilustrasi memakai topi. ©shadowsinthesandbox.wikia.com

Merdeka.com - Salah satu kebiasaan apa yang identik dengan pria berkepala botak atau yang rambutnya mulai rontok dan menipis? Pernahkah kamu sadari bahwa pria botak selalu identik dengan topi yang mereka gunakan?

Pada kebiasaan sehari-hari, kita memang banyak menjumpai pria yang menggunakan topi untuk menutupi masalah rambut. Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya menggunakan topi ini bukan hanya untuk menutupi masalah kepala saja namun juga menjadi penyebab dari masalah ini.

Dilansir dari Huffington Post, Dr. Alan Bauman menyebut alasan di balik kebotakan yang umum dialami pria bertopi ini. Dia menyebut bahwa androgenic alopecia(atau pola kebotakan rambut pada pria), disebabkan oleh sebuah kerusakan pada seseorang.

"Miniaturisasi progresif dari follikel rambut yang sensitif terhadap hormon dihydrotestosterone (DHT), kerusakan produk pada hormon testosteron pria," jelasnya.

Masalah miniaturisasi ini dapat terjadi karena turunan dan bisa mulai dialami setelah pubertas.

"Di bawah pengaruh DHT, follikel yang sensitif terhadapnya mulai diminiaturisasi, hingga selanjutnya memproduksi rambut yang lebih tipis, pendek, dan semakin berkurang pigmennya, hingga pada akhirnya kehilangan pengaruh pada beberapa area tertentu yang menyebabkan penipisan pada bagian depan rambut serta kebotakan di area ubun-ubun," jelas Bauman.

Baca Selanjutnya: Penggunaan Topi Biasa Tidak Menyebabkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini