Begadang Bisa Jadi Penyebab Meningkatnya Tekanan Darah

Minggu, 6 September 2020 15:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begadang Bisa Jadi Penyebab Meningkatnya Tekanan Darah Ilustrasi tekanan darah. ©Shutterstock.com/Africa Studio

Merdeka.com - Kurang tidur akibat begadang bisa menjadi penyebab dari berbagai masalah kesehatan yang kita alami. Hal ini merupakan penyebab berat badan meningkat atau juga masalah kesehatan mental.

Menurut penelitian terbaru, kurangnya tidur ini bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah serta perubahan mikrobioma usus. Dilansir dari The Health Site, hal ini diungkap berdasar penelitian terbaru dari the University of Illinois, Chicago.

Penelitian ini dilakukan oleh tim untuk melihat apakah gangguan tidur selama 28 hari mengubah mikrobiota pada tikus. Mereka juga mencoba mengidentifikasi fitur biologis yang erat kaitannya dengan perubahan tekanan darah arteri.

Pada percobaan terhadap tikus tersebut, peneliti mencoba memunculkan gangguan terhadap tidur mereka. Pada dasarnya, tikus bersifat nokturnal sehingga peneliti mencoba memunculkan gangguan tidur ini pada kondisi siang hari.

Untuk mengukur aktivitas otak, tekanan darah, dan detak jantung tikus, digunakan transmitter telemetri. Kondisi tinja juga diperiksa untuk melihat apakah terjadi perubahan mikrobial.

Baca Selanjutnya: Berdasar percobaan tersebut diketahui bahwa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini