Meniup lilin ulang tahun bisa sebarkan bakteri?

Jumat, 8 Februari 2013 15:53 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi meniup lilin ulang tahun. ©Shutterstock.com/ Anneka

Merdeka.com - Meniup lilin tentu kegiatan wajib yang dilakukan ketika mengadakan pesta ulang tahun. Apa jadinya jika meniup lilin ulang tahun jadi larangan?

Baru-baru ini, pemerintah Australia mengeluarkan aturan kesehatan baru yang akan melarang warganya meniup lilin ulang tahun. Hal ini disebabkan adanya kekhawatiran bahwa meniup lilin di atas kue akan menularkan bakteri atau virus melalui udara.

Jika ingin tetap meniup lilin ulang tahun, pemerintah menyarankan agar keluarga menyediakan kue masing-masing, sehingga tak ada kesempatan menularkan virus pada kue orang lain.

Meski cukup konyol dan menuai banyak kritik yang menyatakan bahwa peraturan ini hanya akan merusak kesenangan anak-anak dan membuat anak seolah hidup dalam gelembung, sebenarnya aturan ini cukup masuk akal.

Berdasarkan data North Shore Physician Group, beberapa penyakit memang bisa ditularkan hanya melalui udara, baik itu tiupan, bersin, atau batuk. Beberapa jenis penyakit yang bisa menular lewat udara antara lain influenza, demam, sakit mata, infeksi telinga, pneumonia, radang tenggorokan, serta virus herpes.

Penyakit tersebut bisa menular hanya dengan berdekatan pada penderita yang bersangkutan dan ketika bakteri dan virus bisa masuk pada tubuh melalui hidung dan mulut. Ketika virus dan bakteri kemudian berkumpul pada kue ulang tahun, bukan tak mungkin virus tersebut akan menular pada semua anak yang memakan kue.

Melihat fakta kesehatan tersebut, apakah Anda setuju jika anak tak diperbolehkan meniup kue ulang tahunnya? [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini