Apel biasa atau organik, mana yang harus dipilih?

Jumat, 24 Agustus 2012 16:08 Reporter : Kun Sila Ananda
Apel biasa atau organik, mana yang harus dipilih? ilustrasi apel. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Apel adalah buah yang mudah didapat dan diminati banyak orang. Satu buah apel bisa memberikan 95 kalori dan empat gram serat. Selain itu, apel juga kaya anti oksidan yang ampuh melawan penyakit. Meski begitu, masih banyak orang yang bingung untuk memilih antar apel biasa atau apel organik. Yahoo! Shine (23/08) memberikan penjelasan mengenai kedua jenis apel ini sebagai perbandingan untuk Anda.

1. Nutrisi kedua jenis apel ini masih diperdebatkan oleh para ahli
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa tak ada perbedaan kualitas nutrisi dari kedua jenis apel tersebut, baik apel biasa atau organik. Namun penelitian oleh Newcastle University menemukan bahwa apel organik menghasilkan nutrisi 40 persen lebih banyak (termasuk vitamin C, seng, dan zat besi). Selain itu, penelitian pada Journal Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa buah yang ditumbuhkan secara organik memiliki 58 persen polyphenol (anti oksidan yang mencegah penyakit jantung) lebih banyak, dan mengandung vitamin C 52 persen lebih banyak.

2. Apel organik tak mengandung pestisida
Environmental Working Group memasukkan apel dalam daftar 12 buah yang rentan terkena pestisida selama dua tahun berturut-turut. Mengonsumsi buah yang mengandung pestisida dalam waktu yang lama telah dikaitkan dengan penyakit kanker, infertilitas, dan penyakit otak. Membeli apel organik tentu akan mengurangi risiko Anda mengonsumsi apel yang terkena pestisida.

3. Mengurangi kadar pestisida pada apel biasa
Tak usah khawatir jika Anda tetap memilih apel biasa. Karena paparan pestisida pada apel masih bisa dikurangi dengan mencuci atau membuang kulitnya. Penelitian menunjukkan bahwa mencuci apel dengan benar bisa menghilangkan unsur pestisida yang menempel padanya. Tak perlu menggunakan sabun, air biasa juga bisa membersihkan dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 98 persen pestisida berada pada kulit apel. Jadi, dengan mengupas apel sebelum dimakan, Anda bisa mengurangi kadar pestisida yang masuk dalam tubuh Anda. Jika Anda membeli apel biasa langsung dari perkebunan jangan takut untuk menanyakan mengenai penggunaan pestisida yang mereka lakukan.

Bagaimanapun, mengonsumsi buah dan sayuran sangat penting bagi kesehatan tubuh, baik yang biasa atau organik. Jika Anda memiliki sistem imun yang lemah, tengah hamil, atau rentan terhadap paparan zat kimia, memilih apel organik tentu adalah pilihan yang lebih aman bagi kesehatan.

Jika Anda memiliki sistem imun normal, maka mengonsumsi apel biasa tentu tak masalah. Namun, pastikan Anda telah mencuci dan mengupas kulit apel sebelum memakannya. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini