5 Perubahan yang Terjadi di Dalam Tubuh Ketika Kamu Mulai Berolahraga

Jumat, 11 Oktober 2019 15:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Perubahan yang Terjadi di Dalam Tubuh Ketika Kamu Mulai Berolahraga Ilustrasi berolahraga. ©Shutterstock/Andresr

Merdeka.com - ketika kamu mengubah gaya hidup dan kebiasaanmu sehari-hari, mungkin terjadi sejumlah perubahan pada dirimu. Salah satu hal yang bisa terjadi adalah ketika kamu mulai berolahraga.

Ketika kamu mulai berolahraga, ada hal yang bisa mulai kamu alami. Perubahan ini bisa membuat kamu lebih sehat dan memiliki dampak jangka panjang.

Terdapat banyak hal yang kamu alami baik secara fisik maupun mental. Perubahan ini juga bisa membuat kerja sejumlah organ tubuh menjadi lebih lancar.

Perubahan gaya hidup yang terjadi menjadi lebih sehat ini bisa berdampak secara langsung maupun jangka panjang pada tubuhmu. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah perubahan yang kamu miliki saat mulai berolahraga.

1 dari 5 halaman

Otot Linu

Rasa linu bakal dialami oleh otot tubuh ketika kamu mulai berolahraga. Hal ini terjadi karena otot tengah bekerja untuk membetulkan perubahan yang terjadi karena olahraga.

Kondisi lelah di otot ini bisa sangat berguna untuk membantunya tumbuh lebih besar dan kuat. Hal ini alami kamu alami dan membutuhkan waktu agar sembuh. Pastikan untuk minum cukup air, beristirahat, serta konsumsi makanan sehat.

2 dari 5 halaman

Mudah Buang Air Besar

Berolahraga bisa membuatmu menjadi lebih mudah untuk buang air besar. Semakin aktif kamu dalam berolahraga, maka semakin lancar pencernaan yang kamu miliki.

Hal ini bakal terjadi karena olahraga bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan melewati usus. Hal ini juga membatasi jumlah air yang diserap dari tinja ke tubuh. Semakin sedikit air yang diambil tubuh dari tinja, semakin mudah kamu dalam buang air besar.

3 dari 5 halaman

Meningkatnya Fungsi Otak

Olahraga bisa meningkatkan detak jantung yang menambah aliran darah ke otak. Semakin baik aliran darah ke otak, maka akan semakin baik fungsinya.

Aliran darah ke otak ini menjadi penyebab kamu merasa bertenaga dan waspada setelah berolahraga. Lebih lanjut, berolahraga secara rutin bisa melindungimu dari penyakit seperti Parkinson, Alzheimer, dan menurunkan risiko stroke.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Dorongan Seksual

Aliran darah tidak hanya meningkatkan fungsi otak namun juga pada sejumlah bagian tubuh. Aliran darah ini bakal memenuhi bagian vital pria dengan darah sehingga meningkatkan dorongan seksual. Semakin baiknya sirkulasi darah memainkan peran penting pada kepuasan seksual dan meningkatkan dorongan untuk melakukannya.

5 dari 5 halaman

Tidur Lebih Baik

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari meningkatkan kualitas tidur hingga 65 persen. Dipercaya bahwa usai berolahraga, temperatur tubuh seseorang bakal menurun. Hal ini juga memberi tekanan pada tubuhmu dan membuatmu lebih cepat tidur tanpa gangguan.

Sejumlah hal tersebut bakal dialami oleh tubuhmu ketika kamu memutuskan untuk berolahraga. Sejumlah perubahan ini berdampak baik pada kesehatanmu baik secara langsung maupun jangka panjang. [RWP]

Baca juga:
Lebih Baik Mengonsumsi Air Dingin atau Hangat Setelah Berolahraga?
Kelelahan Akibat Kelebihan Olahraga Bisa Turunkan Kapasitas Otak

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini