4 Penanganan Sederhana di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Mata Terciprat Cabai

Selasa, 16 April 2019 00:14 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Penanganan Sederhana di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Mata Terciprat Cabai Ilustrasi mata merah. ©iStock

Merdeka.com - Percikan kuah yang pedas dari makanan merupakan hal yang tak bisa dihindari terutama karena kegemaran banyak orang di Indonesia terhadap makanan pedas. Terjadinya percikan ini membuat mata menjadi pedas dan perih serta sangat menyiksa.

Untuk mengatasi munculnya rasa perih di mata ini, bisa dilakukan sejumlah pengobatan sederhana yang mungkin dilakukan di rumah. Dilansir dari Health Me Up, berikut sejumlah cara untuk sembuhkan rasa perih di mata akibat percikan cabai.

Susu

Susu membantu untuk menetralisir capsaicin dalam cabai yang menyebabkan sensasi seperti terbakar. Susu juga akan menghilangkan minyak penyebab rasa perih. Caranya adalah bilas mata secara perlahan dengan susu sampai kamu merasa lebih baik.

Larutan Garam

Tidak banyak yang tahu bahwa air garam mampu mengobati mata yang perih karena cabai. Cobalah untuk membilas mata dengan air jenis ini. Hindari menyentuh mata karena justru akan mengaktifkan kapiler yang membuat mata lebih sakit.

Air

Jika tidak ada alternatif lain, air dingin juga bisa digunakan untuk membilas mata. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membasuh dan menenggelamkan mata di dalam air dingin.

Handuk

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyeka mata dengan handuk untuk menghilangkan rasa pedasnya. Tempatkan handuk dingin di mata hingga rasa nyeri serta bengkak yang muncul ini berkurang.

Empat cara tersebut bisa kamu lakukan secara mudah dan cepat di rumah. Jadi ketika kamu merasa bahwa mata kamu perih, lakukan hal ini untuk mengobatinya secara cepat. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini