3 Alasan utama kenapa non perokok bisa terkena kanker paru-paru

Jumat, 11 November 2016 15:36 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
3 Alasan utama kenapa non perokok bisa terkena kanker paru-paru Ilustrasi kanker paru-paru. ©Thinkstock photos/ Getty Image

Merdeka.com - Kanker paru-paru saat ini menjadi jenis kanker yang mulai 'naik daun'. Penyebabnya adalah jumlah perokok dari hari ke hari makin bertambah. Menurut penelitian dari American Cancer Society, setiap tahunnya ada sekitar 20% dari penderita kanker secara keseluruhan yang meninggal akibat kanker paru-paru. Dan ternyata tak semuanya adalah perokok aktif.

Lantas, apa yang menjadi alasan kenapa non perokok bisa mengidap kanker paru-paru? Berikut adalah penjelasannya.

Lingkungan

Faktor lingkungan memegang peranan utama munculnya kanker paru-paru dalam tubuh seseorang. Menurut U.S. Environmental Protection Agency, gas radon adalah penyebab utama penyakit kanker pada bukan perokok aktif. Gas ini tidak berwarna dan tidak berbau. Gas radon muncul di rumah atau bangunan dengan karakteristik radioaktif yang tinggi.

Gaya hidup

Selain merokok, gaya hidup dimana kamu sering berada dalam satu ruangan dengan para perokok menjadi penyebab penyakit kanker paru-paru. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi junk food juga bisa membuatmu berisiko tinggi untuk terkena kanker. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang sehat seperti sayur dan buah mampu melindungimu dari serangan kanker.

Genetika

Beberapa individu memiliki kecenderungan secara genetik untuk terkena kanker. Mereka yang keluarga dekatnya menderita kanker, kemungkinan besar akan lebih rentan untuk terkena penyakit ini.

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, kamu bisa melindungi dirimu dari serangan kanker paru-paru dengan senantiasa menerapkan pola hidup sehat. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini