26 Cara menebalkan alis secara alami dan cepat serta tanpa efek samping

Jumat, 15 September 2017 18:17 Reporter : Bethari Taya
26 Cara menebalkan alis secara alami dan cepat serta tanpa efek samping Ilustrasi alis mata. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Paul Hakimata Photography

Merdeka.com - alis, sama seperti tren kecantikan yang lain, juga turut berubah sesuai jaman. Bentuk, warna, tekstur hingga ketebalan alis terus mengalami perubahan. Ada zaman di mana alis tipis dan menukik merupakan simbol kecantikan, ada pula yang tren alis tebal natural dan hitam. Kemudian akhir-akhir ini muncul lagi tren alis tebal. Bahkan salon kecantikan yang menawarkan sulam alis pun laku keras. Alis tebal dianggap sebagai cara yang pas untuk mempercantik diri. Cara menebalkan alis kebanyakan mulai dari sulam alis, maupun dengan menggambarnya menggunakan pensil alis. Bahkan ada yang rela mencukur habis alisnya, agar bisa dibentuk dan digambar sesuai dengan keinginan.

Jika dulu memiliki alis tebal seperti shincan menjadi bahan tertawaan, justru kini alis tebal digemari oleh industri kecantikan. Mempunyai alis tebal merupakan impian kebanyakan wanita. Industri kecantikan yang menjual bahwa alis tebal adalah simbol kecantikan membuat wanita berupaya mempunyai alis tebal bagaimanapun caranya. Alis tebal yang instan merupakan cara yang dipilih oleh hampir semua orang. Mereka tidak mau menunggu lama untuk mendapatkan alis tebal yang mereka inginkan.

Namun dibalik pemakaian produk-produk kecantikan yang Anda gunakan untuk menebalkan alis Anda secara instant, ada juga bahaya yang mengintip. Produk kecantikan tentu saja memakai bahan kimia, nah bahan-bahan kimia inilah yang bisa berbahaya bagi kulit. Jika terjadi ketidakcocokan maka Anda bisa saja mengalami iritasi yang bisa berujung pada kebutaan. Tentu saja karena alis dekat posisinya dengan mata.

Daripada Anda harus bertaruh menggunakan produk kecantikan yang memiliki efek samping, sebaiknya Anda mulai mencoba cara menebalkan alis secara alami. Menggunakan cara alami memang membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menggunakan produk kecantikan. Namun meski begitu, cara menebalkan alis secara alami tidak mempunyai efek samping. Simak saja di bawah ini.

Cara menebalkan alis secara alami dengan menggunakan minyak

  1. minyak zaitun


Ilustrasi minyak zaitun ©2015 Sociolla/123rf

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin A dan E. Vitamin A merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia. Oleskan saja minyak zaitun sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak kemiri

Asam linolenic (asam lemak omega-3) yang terkandung dalam minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut Anda. Minyak kemiri memang sudah sejak lama digunakan dan dipercaya sebagai cara untuk menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, dan menguatkannya. Oleskan minyak kemiri pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak almond


Ilustrasi minyak almond ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/matka_Wariatka

KAndungan magnesium yang kaya membuat minyak almond cocok sebagai cara menebalkan alis yang efektif. Magnesium berfungsi sebagai penyubur dan menjaga kesehatan rambut Anda. Oleskan minyak almond pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak jarak

Minyak jarak terbukti ampuh sebagai cara menebalkan alis secara alami selanjutnya. Caranya pun mudah. Oleskan minyak jarak pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak kelapa


Ilustrasi minyak kelapa ©Shutterstock/mypokcik

Minyak kelapa berfungsi sebagai kondisioner alami dan membantu proses pertumbuhan kembali rambut. Minyak kelapa mengandung protein yang tinggi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari hal-hal yang dapat membuat rambut rusak. Oleskan minyak kelapa pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak jojoba

Minyak jojoba berfungsi sebagai bahan alami untuk menjaga kelembapan rambut Anda. Minyak ini akan membentuk lapisan lilin yang tipis pada setiap helai rambut, sehingga dapat melindungi dari sinar matahari. Dengan demikian rambut pada alis dapat tumbuh dengan alami dan cepat. Oleskan minyak jojoba pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak esensial rosemary

Rosemary dipercaya untuk merangsang pertumbuhan rambut agar rambut dapat tumbuh dengan cepat. Hal ini dikarenakan minyak rosemary bertugas untuk merangsang folikel yang membuat rambut tumbuh panjang dan lebat serta mencegah kerontokan pada alis Anda. Oleskan minyak esensial rosemary pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak biji wijen

Sama seperti minyak lainnya, minyak wijen juga dapat merangsang pertumbuhan folikel agar rambut alis dapat tumbuh dengan cepat dan juga minyak wijen berguna untuk melindungi alis Anda dari paparan sinar UV. Oleskan minyak wijen pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak biji rami

Minyak rami mengandung omega 3 dan asam lemak linoleat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut pada alis Anda. Oleskan minyak biji rami sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh, sesuai dengan namanya merupakan minyak yang diperoleh dari proses destilasi daun melaleuca alternifolia. Minyak pohon teh berguna untuk mengatasi kerontokan pada rambut alis Anda sehingga Anda dapat memiliki alis yang tebal. Oleskan minyak pohon teh pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

  1. Minyak fenugreek

Anda mungkin masih asing dengan nama fenugreek. Tanaman yang berasal dari Yunani ini memang kurang populer di Indonesia. Namun meskipun tidak populer, fenugreek mempunyai banyak khasiat yang baik bagi tubuh Anda. Fenugreek berguna sebagai perangsang pertumbuhan rambut Anda. Maka dari itu dengan menggunakan minyak fenugreek ini, Anda dapat memiliki alis tebal dengan cepat. Oleskan minyak fenugreek pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Ke-11 minyak di atas sebagai cara menebalkan alis secara alami, gunakanlah minyak yang tidak tercampur dengan bahan kimia. Jadi minyak yang benar-benar masih alami tanpa campuran apapun agar hasil alis tebal Anda dapat didapat dengan cepat.

Cara menebalkan alis secara alami

  1. Biji fenugreek

Biji fenugreek, sama seperti minyaknya memang sangat berkhasiat bagi penebalan alis Anda secara alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus biji lalu campur dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada alis. Diamkan selama 30 menit, lalu bilans sampai bersih menggunakan air dingin

  1. lidah buaya


Ilustrasi lidah buaya © Boldsky

Tidak perlu dipungkiri lagi khasiat lidah buaya yang memang terkenal untuk menyuburkan rambut Anda. Caranya pun mudah saja. Oleskan gel lidah buaya pada alis Anda. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai gel bersih dan hilang.

  1. Bawang merah


Ilustrasi bawang merah ©2014 Merdeka.com/shutterstock/ORLIO

Seringkali memang bawang merah membuat mata Anda perih dan kemudian menangis. Namun nyatanya, tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dapat digunakan sebagai penyubur rambut. Caranya adalah dengan mengulek atau menumbuk atau memblender 2 siung bawang merah hingga halus kemudian oleskan ke alis Anda. Diamkan selama 30 menit atau hingga mata Anda tidak kuat lagi menahan perih. Bersihkan sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

  1. Bawang bombay


Ilustrasi bawang bombay Shutterstock/Heike Rau

Selain bawang merah, bawang bombay yang merupakan bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai penyubur pertumbuhan rambut alis Anda yang efektif dan cepat. Caranyapun sama, yaitu dengan menghaluskan bawang merah menggunakan blender atau menguleknya hingga benar-benar halus. Lalu oleskan pada alis. Hati-hati jangan sampai terkena mata karena akan menyebabkan rasa pedih.

  1. Kuning telur


Ilustrasi kuning telur ©Shutterstock.com/victoriaKh

Vitamin A, B, dan E yang terkandung dalam kuning telur akan membuat rambut alis Anda menjadi kuat dan sehat. Ambil bagian kuning telur kemudian oleskan pada alis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

  1. Teh



Ilustrasi teh hijau ©2016 Boldsky


Teh dapat menguatkan akar rambu alis Anda sehingga alis tidak mudah rontok dan dapat tumbuh lebih lebat lagi. Caranya adalah mendiamkan 1 gelas teh semalaman lalu oleskan dengan menggunakan cotton bud pada alis Anda.

  1. Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda, alis Anda agar segera menjadi segar dan lebat karena lemon merangsang pertumbuhan folikel rambut.

  1. jeruk nipis


Ilustrasi jeruk nipis ©2014 Merdeka.com/shutterstock/cerber82

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu rambut alis agar tidak mudah rontok dan menyuburkan. Cara menebalkan alis secara alami menggunakan jeruk nipis mudah saja. Anda cukup membelah jeruk menjadi dua bagian lalu oleskan pada alis secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. susu sapi segar


Ilustrasi susu © linkedin.com

Banyaknya vitamin, mineral, dan nutrisi pada susu sapi segar dapat menumbuhkan alis mata menjadi lebat. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam 2 kapas dalam susu sapi segar kemudian kompreskan pada alis Anda selama 30 menit.

  1. Kelopak bunga sepatu


Ilustrasi teh bunga sepatu Shutterstock/matka_Wariatka

Ekstrak kelopak bunga sepatu membantu merangsang pertumbuhan rambut Anda. Petik satu bunga, lalu ulek kelopaknya saja hingga benar-benar halus lalu oleskan pada alis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.

  1. Minyak kelapa dan lemon

Campuran dua hal ini akan membuat pertumbuhan rambut alis Anda semakin cepat dan lebat. Campurkan 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm perasan lemon. Oleskan pada alis.

  1. Minyak kelapa dan kulit lemon

Tidak hanya air perasan lemonnya saja. Kulit lemon juga mengandung nutrisi yang dapat merangsang dan membersihkan folikel rambut agar pertumbuhannya tidak terganggu. Pertama, Anda perlu mengeringkan kulit lemon di bawah sinar matahari. Lalu tumbuk hingga halus. Kemudian campurkan dengan 1 sdm minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Oleskan pada alis.

  1. Minyak kelapa, minyak pohon teh, lemon, dan jeruk nipis

Perpaduan selanjutnya yang dapat membuat alis Anda tumbuh lebih cepat dan tebal adalah minyak kelapa, minyak pohon teh, dan air perasan jeruk nipis. Campurkan semuanya masing-masing 1 sdt saja. Lalu oleskan pada alis

  1. Minyak wijen, minyak esensial rosemary, dan lemon

Campuran antara minyak wijen, minyak esensial rosemary, dan lemon tidak kalah ampuh sebagai cara menebalkan alis secara alami yang cepat dan efektif. Masing 1 sdt saja, lalu campurkan dan kemudian oleskan pada alis.

  1. Susu, yoghurt, dan madu

Gabungan antara susu, yoghurt, dan madu adalah cara terakhir dalam artikel ini sebagai cara menebalkan alis. Campurkan masing-masing 1 sdt lalu oleskan pada alis.

Lakukan semua cara di atas dengan rutin agar hasilnya maksimal dan cepat. Semoga bermanfaat. [mg2]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini