10 Cara Mudah dan Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Nyeri Punggung yang Menganggu

Senin, 8 Agustus 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
10 Cara Mudah dan Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Nyeri Punggung yang Menganggu ilustrasi nyeri punggung. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Image Point Fr

Merdeka.com - Nyeri punggung merupakan masalah sehari-hari yang bisa sangat menganggu aktivitas kita. Hal ini bakal membuat kita kesulitan untuk menjalani aktivitas terutama yang melibatkan fisik berat.

Nyeri punggung ini bakal semakin menganggu terutama ketika kita bekerja di rumah seperti saat ini. Tidak adanya penopang punggung yang tepat saat bekerja di rumah bisa membuat masalah ini semakin rentan terjadi.

Menurut Dr. Hansraj, seperti dilansir Livestrong, kesehatan tulang belakang sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan emosional. Kondisi fisik dan emosi yang tidak prima bisa jadi penyebab nyeri punggung ini.

Mengingat masalah nyeri punggung ini bisa sangat menganggu aktivitas, maka perlu dilakukan sejumlah cara untuk mengatasinya. Sejumlah gerakan dan cara sederhana bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Cara ini bisa kamu lakukan secara mandiri dan tepat untuk diterapkan. Berikut sejumlah cara mudah untuk mengatasi nyeri punggung nan menganggu.

2 dari 6 halaman
10 cara mudah dan bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung yang menganggu

Meditasi

Dalam sehari, coba lakukan meditasi selama 15 hingga 20 menit. Cara ini cukup efektif untuk membantu menenangkan tubuh dan pikiran.

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi dikaitkan dengan peningkatan oksigenasi otak, peningkatan fokus, pengendalian emosi, saraf otak, volume otak yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik dari jantung, paru-paru, seksualitas. Hal itu juga dibarengi dengan berkurangnya nyeri punggung dan peradangan di tulang belakang.

Perbaiki Postur Tubuh

Taruh sebuah bantal di antara kursi dan punggung bawah. Kemudian cobalah untuk duduk tegak. Saat bekerja di depan komputer, pastikan bahwa postur tubuh tetap lurus, selain itu jangan menekuk punggung terlalu lama. Hal ini bisa membantu mengatasi munculnya nyeri punggung.

3 dari 6 halaman
10 cara mudah dan bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung yang menganggu

Membangun Otot

Otot inti tubuh yang kuat membuat postur tubuh menjadi lebih baik dan memberi perlindungan pada tulang belakang. Melemahnya otot inti juga dapat menyebabkan berbagai masalah, terutama munculnya rasa nyeri punggung.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan bisa membantu mencegah munculnya masalah nyeri punggung yang terjadi. Peregangan ringan atau berjalan kaki bisa jadi cara mudah dan ringan untuk mencegah masalah ini. Selain itu, hal ini juga bisa memperkuat otot dan meredakan sakit punggung.

4 dari 6 halaman
10 cara mudah dan bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung yang menganggu

Tidur 7 sampai 8 Jam per Malam

Tidur merupakan faktor yang sangat penting dalam mencegah dan mengurangi nyeri punggung. Namun, sebelum tidur, cobalah untuk melindungi tulang.

Pilih kasur yang tepat dan bantal yang nyaman untuk mengatasi masalah ini. Kemudian gunakan tirai untuk menghalau cahaya dari luar, menyesuaikan suhu kamar dan menghindari penggunaan elektronik apa pun.

Yoga

Yoga adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan nyeri punggung. Cara ini akan membebaskanmu dari sakit punggung dalam beberapa hari. Yoga fokus pada pernapasan dan pernapasan yang efektif dapat mengurangi ketegangan otot dan pada akhirnya dapat mengurangi nyeri punggung.

5 dari 6 halaman
10 cara mudah dan bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung yang menganggu

Istirahat

Atur timer pada komputer ketika bekerja untuk membatasi waktunya. Ingatkan agar kamu bangkit dari kursi setiap 45-50 menit sekali untuk meregangkan dan berjalan-jalan di sekitar ruangan.

Selain itu, pastikan juga agar posisi duduk sudah tepat, tidak merosot ke depan atau ke belakang. Cara ini bisa membuatmu terjami terhindar dari masalah nyeri punggung.

Konsumsi Kalsium dan Magnesium

Perbanyak makan makanan yang kaya kalsium dan magnesium, karena mereka dapat menghilangkan nyeri punggung. Kamu dapat menyantap sayuran berdaun hijau, susu, telur, pisang, kacang-kacangan, dan apel sebagai sumber kalsium.

6 dari 6 halaman
10 cara mudah dan bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung yang menganggu

Hindari Sepatu Hak Tinggi

Untuk sementara waktu, hindari memakai sepatu berhak tinggi. Gunakan sol yang datar dan empuk karena mereka dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung. Cara ini bisa mencegah risiko munculnya nyeri punggung yang terjadi.

Menurunkan Berat Badan

Semakin gemuk tubuhmu, masalah nyeri punggung dan tulang bisa semakin mudah terjadi. Memastikan bahwa kamu memiliki tubuh ideal bisa membantu mencegah terjadinya masalah kesehatan ini.

Sejumlah cara tersebut bisa efektif membantu meringankan dan mencegah munculnya nyeri punggung. Lakukan sejumlah cara tersebut untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang menganggu ini. [RWP]

Baca juga:
Pentingnya Kualitas Tidur yang Baik Sebelum Melakukan Olahraga Pagi
Ingin Mulai Berlari, Ini Hal yang Bisa Mulai Dilakukan Pemula

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini