Triple M, 3 tokoh yang namanya menguat sebagai cawapres Jokowi

Rabu, 11 Juli 2018 07:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Triple M, 3 tokoh yang namanya menguat sebagai cawapres Jokowi Presiden Jokowi berulang tahun. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Teka-teki pendamping Jokowi pada Pilpres 2019 masih menjadi rahasia. Hingga saat ini Jokowi belum mengumumkan siapa layak mendampinginya dalam pertarungan Pilpres mendatang. Jokowi mengatakan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan pendampingnya tersebut.

Namun, akhir-akhir ini ada tiga nama yang ramai dibicarakan sebagai calon pendamping Jokowi. Bahkan semakin hari, ketiga nama itu semakin menguat disebut sebagai cawapres Jokowi. Siapa saja?

1 dari 3 halaman

Maruf Amin

maruf amin. ©muidkijakarta.or.id

Nama ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin disebut masuk dalam bursa calon pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Umum PPP Romahurmuziy sebagai koalisi Jokowi. "Kiai Ma'ruf Amin salah satunya (cawapres Jokowi)," sebutnya.

Pria yang akrab disapa Rommy ini menilai Ma'ruf Amin bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh pihak, semisal Alumni 212. Selain itu, Ma'ruf juga dinilai menguasai ilmu ekonomi. "Beliau juga menguasai ekonomi karena Dewan Ekonomi Syariah Nasional. Dan pengalamannya luas karena pernah menjadi anggota DPR, baik dari PPP maupun PKB," jelas dia.

2 dari 3 halaman

Mahfud MD

Mahfud MD. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Hingga saat ini, Jokowi masih merahasiakan nama calon wakil presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Namun santer dikabarkan jika Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD juga masuk sebagai salah satu calon yang bakal menjadi pendamping Jokowi.

Mahfud MD merupakan berasal dari kalangan non partai. Di mana figur tersebut termasuk ke dalam cawapres yang telah dikantongi Jokowi. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Eriko Sotarduga mengatakan akan selalu mendukung siapapun yang menjadi cawapres Jokowi, termasuk Mahfud MD.

"Kalau kita prinsipnya kan koalisi mendukung dengan ikhlas dan dengan sungguh-sungguh untuk memenangkan Bapak Jokowi," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Moeldoko

Moeldoko. ©2018 Merdeka.com/Salviah Ika

Belakangan nama Moeldoko santer dikabarkan masuk dalam bursa cawapres Jokowi. Hal itu juga menguat setelah Moeldoko keluar dari Partai Hanura beberapa waktu lalu. Menilik status Moeldoko sebagai Jenderal TNI (Purn), rupanya cocok dengan figur-figur yang selama ini telah dikantongi Jokowi.

Meski begitu Kepala Staf Kepresidenan ini enggan berspekulasi mengenai pencalonannya sebagai cawapres Jokowi."Saya enggak mau kalau-kalau, saya enggak mau spekulasi. Udah lah sekarang apa yang ada saya hadapi, saya hadapi dengan baik," kata Moeldoko di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (8/7). [has]

Baca juga:
Mendagri soal TGB dukung Jokowi: Wong dia merasakan manfaat pembangunan kok
Ali Ngabalin sambangi kantor Luhut, bahas Cawapres Jokowi
Mahfud MD bisa jadi jalan tengah Jokowi redam koalisi
Demokrat tak akan halangi TGB jika ingin jadi Cawapres Jokowi
Legowo Rommy tak jadi cawapres, PPP cuma titip program keumatan ke Jokowi
Surya Paloh temui Jokowi di Istana Bogor, bahas cawapres?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini