Tiga Daerah di Sumsel Masuk Kategori Rawan Konflik saat Pilkada

Selasa, 15 September 2020 14:59 Reporter : Irwanto
Tiga Daerah di Sumsel Masuk Kategori Rawan Konflik saat Pilkada Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan mencatat tiga daerah paling rawan dari tujuh yang menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Desember 2020. Pengawasan diperketat untuk mencegah konflik horizontal.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengungkapkan, ketiga daerah rawan itu adalah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, dan Musi Rawas Utara. OKU dan OKU Selatan terdapat calon tunggal, sementara Musi Rawas Utara terjadi beberapa kali konflik setiap pesta demokrasi digelar.

"Ya, tiga daerah itu dipetakan masuk rawan konflik," ungkap Supriadi, Selasa (15/9).

Menurut dia, peran serta pemerintah setempat dan tokoh agama harus optimal dengan memberikan kesadaran cerdas berdemokrasi dengan gencar sosialisasi ke masyarakat. Permasalahan kecil apapun harus segera ditindaklanjuti sehingga tak menimbulkan konflik berkepanjangan.

"Semuanya tidak ingin konflik pilkada seperti yang sudah-sudah kembali terulang. Deteksi dini adalah salah satu upaya konkrit mencegahnya," ujarnya.

Selain itu, ketiga daerah tersebut menjadi perhatian khusus tanpa menapikan empat daerah pilkada lain. Setiap polres harus mengoptimalkan pengamanan dan menambah personil sehingga bisa menekan terjadinya gesekan antar masyarakat.

"Anggota Polda Sumsel akan diperbantukan di daerah-daerah itu, daerah lain juga perlu pengawasan," kata dia.

Baca Selanjutnya: Diketahui ada tujuh daerah di...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini