Tanggapi Survei SMRC, Demokrat Sebut Peluang AHY Pimpin RI Semakin Terbuka

Kamis, 7 Oktober 2021 21:02 Reporter : Merdeka
Tanggapi Survei SMRC, Demokrat Sebut Peluang AHY Pimpin RI Semakin Terbuka AHY Tanggapi Keputusan Menkumham yang Tidak Akui Kepengurusan Kubu Moeldoko. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memotret elektabilitas parpol di luar pemerintahan meningkat. Sebaliknya, parpol utama pendukung pemerintah justru kian merosot.

Survei terbaru, Partai Demokrat dan PKS merangkak naik. PDIP dan Gerindra meskipun masih di atas, namun konsisten turun.

Partai Demokrat naik dua persen dalam waktu empat bulan. Dari 6,6 persen (Mei 2021) menjadi 8,6 persen (September 2021). Sementara PKS yang naik 1,4 persen menjadi 6 persen.

PDIP turun terbesar yaitu -3,8 persen dari 25,9 persen (Maret 2021) menjadi 22,1 persen (September 2021). Begitu pula Gerindra yang turun 1 persen menjadi 9,9 persen.

tren parpol di survei smrc
©2021 Merdeka.com/smrc

Untuk tokoh parpol, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi satu-satunya yang tren elektabilitasnya naik. Dalam simulasi tertutup 15 nama, tren elektabilitas AHY naik 0,3 persen dari 4,2 persen (Maret 2021) menjadi 4,5 persen (September 2021).

Sedangkan tren elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto justru merosot tajam -3,7 persen menjadi 20,7 persen pada September ini.

Ketua umum parpol lainnya yaitu Airlangga Hartarto meraih elektabilitas 0,5 persen. Elektabilitas Menteri Pariwisata dan Kreatif Gerindra Sandiaga Uno merosot 1,4 persen menjadi 6,5 persen, begitu juga elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani dengan tingkat elektabilitas 1,4 persen.

"Dari 9 parpol yang punya kursi di DPR, hanya AHY ketua umum parpol yang punya potensi memimpin bangsa ini ke depan," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Benny K Harman saat menghadiri rilis survei SMRC, Kamis (7/10).

elektabilitas capres survei smrc
©2021 Merdeka.com/istimewa

Menurut Benny, tokoh-tokoh lain yang memperoleh elektabilitas tinggi adalah para pejabat publik. AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam papan 15 besar elektabilitas, pada urutan keenam.

"Masuk akal jika tingkat tahu masyarakat terhadap para pejabat publik ini cukup tinggi. Berbeda dengan AHY yang hanya jadi ketua umum, namun berhasil mencapai popularitas hingga 67 persen. Ini sinyal kalau Mas AHY bisa do something, melakukan sesuatu yang lebih agresif bagi kepentingan masyarakat umum, peluang itu sangat terbuka,” jelas dia. [rnd]

Baca juga:
SMRC Paparkan Faktor Internal & Eksternal Bikin Elektabilitas Golkar Naik
Respons Survei SMRC, PKB Harap Masuk 2 Besar Pemilu 2024 Salip Gerindra & Golkar
Survei SMRC: PKB, Golkar dan NasDem Alami Penguatan dalam 2 Tahun Terakhir
Gerindra Tak Kaget Ada Penurunan Elektabilitas Partai
Golkar Sebut Survei Naik Karena Soliditas Kader di Bawah Kepemimpinan Airlangga
Survei SMRC: Dukungan Publik Ke Prabowo Turun, Ganjar & Anies Naik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini