Serangan balik kubu Jokowi saat SBY curhat hubungannya dengan Megawati

Jumat, 27 Juli 2018 06:32 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Serangan balik kubu Jokowi saat SBY curhat hubungannya dengan Megawati sby mega. rumgapres/abror rizki

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), curhat mengenai hubungannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga saat ini masih belum pulih. SBY pun memberi sinyal, jika hal tersebut yang menjadi penghambat membangun koalisi dengan Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang. Dimana Jokowi merupakan calon yang diusung PDIP, partai pimpinan Megawati.

Mendengar pengakuan SBY tersebut, kubu Jokowi buka suara. Mereka tak percaya jika SBY bisa mengeluarkan pernyataan soal hubungannya dengan Megawati. Berikut serangan balik kubu Jokowi mengenai curhatan SBY:

1 dari 3 halaman

Curhatan SBY dinilai musiman berbau politisi

dinilai musiman berbau politisi rev1sby mega. rumgapres/abror rizki

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan Presiden RI keenam itu selalu mengeluh soal hubungan dengan Megawati menjelang pemilu. Dia menilai keluhan musiman tersebut politis.

"Monggo silakan lihat dalam jejak digital maupun media cetak, bahwa menjelang Pemilu pasti Pak SBY selalu menyampaikan keluhannya tentang Ibu Megawati. Padahal Ibu Megawati baik-baik saja," ujar Hasto dalam keterangannya, Kamis (26/7).

Hasto menduga keluhan SBY itu lantaran anaknya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belum mendapat kepastian sebagai capres atau cawapres. "Seluruh pergerakan politik Pak SBY adalah untuk anaknya, sementara Ibu Megawati jauh lebih luas dari itu. Ibu Mega selalu bicara untuk PDI Perjuangan; untuk Pak Jokowi; untuk rakyat, bangsa dan negara, sementara Pak SBY selalu saja mengeluhkan hubungan itu," kata Hasto.

2 dari 3 halaman

SBY diminta jangan baper

jangan baper rev1SBY salaman dengan Mega di HUT RI ke 72. ©2017 Merdeka.com

Wakil Sekretaris Jenderal PPP, Ahmad Baidowi, menilai perkataan SBY mengenai hubungannya dengan Megawati terkesan seperti mengancam. Dia meminta elite politik jangan bawa perasaan atau baper.

"Kami hanya menyayangkan Pak SBY sebagai politisi senior bicara begitu, yang bahkan dalam kacamata komunikasi publik seperti mengarah pada sikap mengancam. Jadi elite politik itu jangan terlalu baper," ucap Baidowi dalam pesan singkatnya, Kamis (26/7).

3 dari 3 halaman

SBY diminta selesaikan hambatan bersama Jokowi

selesaikan hambatan bersama jokowi rev1sby mega. ©2012 Merdeka.com

Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan, banyak halangan yang membuat partainya bergabung dengan Presiden Jokowi di pemerintahan. Menurutnya hambatan itu bukan karena hubungannya dengan Jokowi. Namun, dia meminta khalayak untuk menafsirkan sendiri apa hambatan itu. Banyak yang menganggap jika hambatan itu datang dari hubungan SBY dan Megawati yang masih 'panas'.

Politisi PDI Perjuangan Pramono Anung menilai, apabila ada rintangan seharusnya diselesaikan bersama Jokowi selama ini. "Kalau kemudian ada rintangan, rintangan itu diselesaikan," ujar Pramono di Gedung Sekretariat Kabinet, Jakarta, Rabu (25/7).

Pramono menuturkan, Jokowi selama ini sudah menjalin komunikasi baik dengan SBY. Jokowi juga beberapa kali malakukan pertemuan terbuka dan tertutup dengan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono. [has]

Baca juga:
Sebut SBY curhat musiman, PDIP klaim Megawati tak pernah putus silaturahmi
Geram, SBY semprit orang-orang dekat Jokowi
SBY sindir Ngabalin: Saya bingung sekolahnya dimana orang itu
PDIP bantah tentukan arah koalisi pendukung Jokowi
Demokrat: Megawati tak mau ada dua matahari di koalisi Jokowi
Bukan soal AHY, Demokrat ungkap keinginan SBY jika gabung Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini