Relawan Nilai Jokowi Kuasai Tema Debat dan Berikan Solusi Konkret

Sabtu, 19 Januari 2019 14:33 Reporter : Henny Rachma Sari
Relawan Nilai Jokowi Kuasai Tema Debat dan Berikan Solusi Konkret Debat pasangan Capres. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Debat perdana pasangan capres-cawapres telah berlangsung. Kedua pasangan calon, Joko Widodo- Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno sudah unjuk kebolehan.

Secara keseluruhan, paslon Jokowi-Ma'ruf disebut sudah menguasai tema debat yakni Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme beserta solusinya. Demikian diungkap Pengurus Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Viktor S Sirait.

"Jokowi memberi solusi yang konkret yang akan membuat dapur untuk penggodokan hukum, tidak hanya sekadar mengumpulkan pakar hukum lalu membuat sinkronisasi. Sementara solusi Prabowo untuk persoalan hukum hanyalah menaikan gaji aparat. Itu bukan solusi," ujar Viktor dalam keterangannya, Sabtu (19/1).

Sementara, paslon 02 dinilai belum mempunyai solusi penindakan korupsi yang konkret. "Visi Prabowo soal penindakan korupsi sejak awal memang inkonsisten. Prabowo mengatakan akan menghukum koruptor dengan menaruh di pulau terpencil dan suruh tambang pasir terus menerus, tapi di sisi lain dia membela enam caleg Gerindra mantan koruptor dengan mengatakan korupsinya enggak seberapa," kata Viktor.

Selain itu, kenaikan gaji birokrat lewat tax ratio sebesar 16 persen untuk menekan korupsi pun dinilai malah akan membuat rakyat sengsara karena kenaikkan pajak.

"Rencana Prabowo itu secara tidak langsung akan menarik pajak dari rakyat dalam jumlah besar untuk mensejahterakan PNS. Itu ide yang membuat rakyat semakin menderita," katanya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini