Prabowo Pilih Siapa di Pilwalkot Medan, Menantu Jokowi atau Dahnil?

Selasa, 31 Desember 2019 07:00 Reporter : Syifa Hanifah
Prabowo Pilih Siapa di Pilwalkot Medan, Menantu Jokowi atau Dahnil? Bobby Nasution bertemu Prabowo Subianto. ©2019 Merdeka.com/ istimewa

Merdeka.com - Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution semakin percaya diri maju sebagai bakal calon wali kota di Pilwalkot Medan 2020. Setelah resmi mendaftarkan diri sebagai calon wali kota ke PDIP, Bobby juga sudah mendaftarkan diri ke Partai Golkar.

Tak sampai di situ, langkah politik Bobby terus berlanjut. Kali ini ia menyambangi Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk meminta restu ke Prabowo.

Di lain sisi, Dahnil Anzar Simanjuntak juga tertarik maju di Pilwalkot Medan. Ia pun menunggu restu Prabowo. Publik pun menunggu siapa yang akan didukung Prabowo Subianto, apakah menantu Jokowi, Bobby Nasution atau Juru Bicara Prabowo, Dahnil? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Bobby Silaturahmi ke Prabowo

Sebagai langkah awal meminta dukungan ke partai politik sebagai modal maju di Pilwalkot Medan. Bobby Nasution bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pertemuan menantu Presiden Jokowi dengan Prabowo merupakan komunikasi politik untuk Pilwalkot Medan. Pertemuan dilakukan hari ini, Sabtu (28/12) lalu, namun Dasco tidak menyebut tempatnya.

"Hari ini silaturahmi, Bobby Nasution selaku calon. Bakal calon Walikota Medan. Yang bersilaturahmi ke partai-partai politik. Hari ini giliran ke Gerindra ketemu Pak Prabowo," katanya kepada wartawan, Sabtu (28/12).

Dia menegaskan, pertemuan tersebut hanya membuka komunikasi. Bobby menyambangi Gerindra demi restu maju di Pilwalkot Medan. Prabowo belum bicara memberikan restu atau tidak agar Gerindra mengusung Bobby di Medan. Prabowo hanya meminta Bobby untuk berkomunikasi dengan partai lain di Medan.

"Jadi enggak bicara soal restu merestu, rekom rekom secara umum tadi dia kasih pengarahan apa sudah ke Gerindra kota Medan apakah sudah ke Gerindra Sumut. Begitu kira-kira," ujar Dasco.

Dia menambahkan, Gerindra baru akan memutuskan soal Pilkada akhir Januari. "Tetapi memang Bobby calon dari non internal pertama yang diterima oleh pak Prabowo," imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Pesan Prabowo untuk Bobby

Sufmi Dasco Ahmad mengatakan dalam pertemuan dengan Bobby Nasution, Prabowo menitipkan sejumlah pesan. Salah satunya terkait komunikasi dengan partai politik. Jika sudah membangun komunikasi dengan seluruh parpol, maka dapat memperoleh dukungan untuk maju dalam pilkada.

"Pertama adalah komunikasi kepada seluruh parpol yang ada di wilayah masing-masing, sebanyak- banyaknya mendapatkan dukungan Parpol," ujar Dasco di Jakarta, Senin (30/12).

Tak hanya itu. Masih ada pesan lain dari mantan Danjen Kopassus tersebut. Yakni kalau maju harus menang. "Kedua, kalau mau maju Pilkada harus menang. Ya itu saja," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Dahnil Anzar Tunggu Restu Prabowo

Sementara itu, Juru bicara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, angkat bicara terkait kabarnya maju Pilwalkot Medan. Dahnil menunggu restu Prabowo untuk maju dalam Pilwalkot Medan 2020 mendatang.

"Sampai saat ini beliau belum memberikan instruksi apakah tetap harus maju sebagai kepala daerah di Kota Medan atau tetap mendampingi beliau sebagai Staf Khusus Menteri Pertahanan," kata Dahnil saat dikonfirmasi, Kamis (26/12).

4 dari 4 halaman

Memutuskan Soal Pilkada 2020 Akhir Januari

Untuk siapa yang akan diusung dan didukung oleh Partai Gerindra dalam Pilkada serentak 2020, Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya baru akan memutuskan akhir Januari 2020.

Dia pun menegaskan bahwa pihaknya akan mengutamakan kader partai, baik sebagai Calon Kepala Daerah maupun Calon Wakil Kepala Daerah.

"Kader itu kan bisa nomor satu bisa nomor dua. Itu kita prioritaskan para kader kita untuk maju di Pilkada baik di nomor satu dan nomor dua," kata Dasco, Senin (30/12). [dan]

Baca juga:
Gerindra Nilai Bobby Tak Mudah Menang di Pilkada Medan Meski Menantu Jokowi
Pesan Prabowo untuk Bobby dan Azizah: Kalau Maju Pilkada Harus Menang
Minta Restu Maju Pilwakot Medan, Bobby Nasution Silahturahmi ke Prabowo
Maju Pilwalkot Medan, Dahnil Anzar Tunggu Restu Prabowo
Jawaban BIN Dituding 'Bermain' dalam Pilkada Solo dan Medan 2020
PDIP Tak akan Berikan Keistimewaan Bagi Gibran dan Bobby

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini