PPP Beberkan Syarat Demokrat Gabung KIB: Lakukan Pendekatan dengan Semua

Rabu, 6 Juli 2022 19:09 Reporter : Ahda Bayhaqi
PPP Beberkan Syarat Demokrat Gabung KIB: Lakukan Pendekatan dengan Semua Menko Polhukam Mahfud MD Buka Rakernas PPP. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani meminta Partai Demokrat mendekati semua partai politik yang berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Apabila memang berminat untuk gabung menjadi anggota koalisi.

"Sebaiknya partai lain ya siapapun termasuk teman-teman partai Demokrat kalau memang katakan lah ingin berkoalisi dengan yang ada di KIB ya mestinya adalah melakukan pendekatan dengan semuanya," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/7).

Menurut Arsul tidak cukup bila Demokrat hanya mendekati satu partai anggota KIB saja. Ia bilang akan gagal membangun komunikasi bila tidak seluruh partai anggota KIB diajak bicara.

"Karena kalau hanya satu saja misalnya Golkar, apalagi atas dasar cukup sudah cukup ya kalau dengan itu saya satu lagi, saya melihat kecenderungan yang gagal," kata Arsul.

"Kenapa kok gagal? Karena sesungguhnya sampai dengan saat ini yang tiga yang sudah membentuk KIB ini sudah berdiskusinya cukup lama," tegasnya.

Arsul melihat bila hanya mengajak Golkar misalnya, terlihat ada upaya pragmatis dari Demokrat untuk mengusung capres atau cawapres tertentu.

"Kalau kemudian dateng partai lain hanya dengan alasan kalau berdua saja sudah cukup ya maka sesungguhnya koalisi yang dibangun itu atas dasar prgamatis hanya semata-mata untuk mengusung capres atau cawapres tertentu," kata anggota Komisi III DPR RI ini.

Sedangkan KIB saat ini bila bicara capres atau cawapres memprioritaskan internal

"Sedangkan pondasi yang diletakan KIB saat ini itu adalah kita melihat segala kemungkinan meskipun prioritas petahana itu yang dari internal ya tetapi paling tidak untuk cawapresnya kami juga harus melihat juga yang ada di luar KIB juga pada saatnya nanti," ujar Arsul. [rhm]

Baca juga:
PKS Terbuka Koalisi dengan Siapa Saja, Termasuk KIB
KIB Dapat Suara Tertinggi dari Pengguna Medsos, Kalahkan PDIP dan Gerindra-PKB
PKS Jawab Peluang Gabung KIB: Masih Sangat Terbuka
PPP: AHY Bisa Masuk Nominasi Capres-cawapres Kalau Gabung KIB
PPP Akui Sudah Bertemu Demokrat Ajak Gabung KIB

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini