PKS: Pemerintah Harus Ambil Tanggung Jawab Penuh Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 21:30 Reporter : Fikri Faqih
PKS: Pemerintah Harus Ambil Tanggung Jawab Penuh Investigasi Tragedi Kanjuruhan Suasana kericuhan di laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. ©2022 REUTERS TV

Merdeka.com - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyampaikan duka cita yang mendalam atas tragedi sepak bola Indonesia di Stadion Kanjuruhan Malang dalam laga antara Arema FC dan Persebaya yang menewaskan sedikitnya 125 orang.

"Ini tragedi nasional yang membuat kita khususnya dunia sepak bola berduka. Tidak ada sepak bola yang lebih berharga dari nyawa. Sepak bola harus tetap menjunjung tinggi kemanusiaan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/10).

Dia mengungkapkan, tidak ada yang bisa mengganti nyawa anak, orang tua, saudara, keluarga. Untuk itu, Anggota Komisi I DPR ini meminta pemerintah untuk mengambil tanggung jawab penuh atas investigasi tragedi ini untuk memberikan kepastian dan keadilan bagi keluarga korban.

2 dari 2 halaman

"Investigasi secara transparan apa yang menjadi penyebab begitu banyak korban jiwa. Apakah ada kelalaian penyelenggara dan aparat. Apakah ada kesalahan prosedur atau SOP dalam penanganan massa suporter. Apakah ada unproffesional conduct. Intinya tragedi ini harus diusut tuntas sehingga terang benderang masalah serta pihak-pihak yang bertanggung jawab," jelasnya.

Menurutnya, tragedi kemanusiaan terbesar sepak bola tanah air ini harus menjadi evaluasi menyeluruh bagi pihak-pihak terkait khususnya PSSI. Pemerintah selaku regulator sekaligus pelindung masyarakat sepak bola juga harus mengambil tanggung jawab untuk memperbaikinya.

"Cukup sudah jangan lagi ada nyawa melayang dalam pertandingan sepak bola. Kepada semua pihak mulai dari klub, induk sepak bola, pecinta sepak bola, mari kita introspeksi dan menyadari sepenuhnya bahwa sepak bola adalah olah raga prestasi dan tidak boleh mengorbankan kemanusiaan," pungkas Jazuli. [fik]

Baca juga:
Kapolri: 125 Orang Meninggal Dunia dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan
Kapolri: Kami Serius dan Mengusut Tuntas Tragedi Stadion Kanjuruhan
Pemprov Jatim Beri Santunan Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan
Pernyataan Lengkap Presiden FIFA terkait Tragedi Kanjuruhan
Polri Mutakhir Data Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Jadi 125 Orang, Luka 323
Presiden Arema FC Minta Semua Pihak Menahan Diri Terkait Tragedi Stadion Kanjuruhan
PSSI Bentuk Tim Investigasi Kerusuhan Stadion Kanjuruhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini