PAN Ungkap 3 Nama Capres 2024 Terkuat: Ganjar, Erick dan Anies

Selasa, 24 Januari 2023 18:00 Reporter : Alma Fikhasari
PAN Ungkap 3 Nama Capres 2024 Terkuat: Ganjar, Erick dan Anies Yandri Susanto diperiksa KPK. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum PAN mengungkapkan tiga nama sosok calon presiden (capres) yang akan diusulkan pada Pilpres 2024 mendatang. Sosok tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir dan bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan.

"Sekarang yang diminati dan disukai oleh publik PAN ya Ganjar, Erick kalau di luar ketum, ada juga Anies. Kalau dilihat secara mayoritas dan kecenderungan itu Ganjar sama Erick. Tapi Anies juga lumayan kuat," kata Yandri, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1).

Kendati demikian, dia mengatakan, nama tersebut belum final. Sebab ketiga nama tersebut harus dibahas terlebih dahulu di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

2 dari 2 halaman

"Belum ada titik temu di KIB. Kalau PAN tetap mengacu ke hasil rakernas. Di situ ada Ganjar ada Erick yang menguat di internal partai. Tentu ketua umum pasti no 1. Yang lain berpeluang juga," ujarnya.

Yandri juga menyebut, dalam internal PAN kewenangan untuk menentukan capres berada di tangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Sementara untuk pengusungan capres di Pilpres 2024 akan diputuskan tiga partai dalam KIB.

"Apakah nanti putusannya di antara itu (Ganjar, Erick, dan Anies) juga belum pasti karena wewenang itu ada di ketum. Dan yang paling penting partai lain setuju, kalau enggak setuju ya enggak bisa diusung. Karena PAN enggak cukup," imbuh Wakil Ketua MPR RI itu. [tin]

Baca juga:
PAN Balik Rayu Gerindra-PKB Gabung KIB
PAN Yakin Jokowi Reshuffle Menteri Dalam Waktu Dekat
Peluang Khofifah Jadi Cawapres, PAN Sebut Partai Utamakan Kader atau Orang Dekat
PAN Nilai Erick Thohir Sosok Cawapres Mampu Wujudkan Ekonomi Kerakyatan
Ridwan Kamil Gabung Golkar, PAN Ungkap KIB Masih Prioritaskan Tiga Ketum jadi Capres

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini