NasDem bebaskan Ridwan Kamil cari dukungan ke partai lain

Minggu, 18 Juni 2017 22:43 Reporter : Andrian Salam Wiyono
saan mustopa buka puasa bersama anak TK SD dan yatim. ©2017 Merdeka.com/andrian salam

Merdeka.com - Partai Nasional Demokrat (NasDem) memberi keleluasaan bagi Ridwan Kamil untuk terus menjalin komunikasi dengan partai lain. Upaya itu dilakukan untuk memuluskan pertarungan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Pilgub Jabar 2018 nantinya.

"Sejak awal dideklarasikan kita terus mendorong. Bahkan akan memfasilitasi untuk bertemu dengan partai lain," kata Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa disela-sela kegiatan lomba keagamaan dan buka puasa bersama ratusan siswa TK, SD beserta anak yatim, di Kantor DPW NasDem Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu (18/6).

Dia mengatakan, dorongan pada Emil sangat penting untuk memperjelas arah koalisi partainya dalam mengusung arsitek lulusan ITB ini. Disadari dia, NasDem sendiri tidak bisa mengusung calonnya sendiri karena hanya memiliki 5 kursi di parlemen.

"Jadi Jawa Barat itu besar. Bebannya juga besar. Enggak mungkinā€ˇ didorong dengan kekuatan kecil, tapi perlu kekuatan besar," imbuhnya. Menghadapi persoalan Jawa Barat juga nantinya tidak sedikit sehingga hubungan baik dengan partai-partai yang ada.

Dia mengaku, akan berupaya dalam menjembatani Emil dengan partai lain. Saan menyontohkan, saat DPP Partai NasDem menggelar buka puasa bersama di Jakarta, baru-baru ini, Emil diundang karena di saat yang bersamaan hadir sejumlah ketua umum partai seperti Oesman Sapta Odang (Ketua Umum Partai Hanura), Djan Faridz (Ketua Umum PPP), dan Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN).

Bahkan, Saan menegaskan, pihaknya tidak mempersoalkan jika Emil menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra dan PKS. "Pada dasarnya, NasDem dari awal, ketika kita mendeklarasikan, kita mendorong dan memfasilitasi Kang Emil untuk komunikasi dengan partai lain, sekali pun Gerindra dan PKS," jelasnya.

"Karena sekarang belum, tapi bisa saja nanti PKS atau Gerindra bahkan mendukung Emil," terangnya menambahkan. [rnd]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.