Melihat Peluang Ridwan Kamil jadi Capres Alternatif Golkar

Jumat, 20 Januari 2023 10:56 Reporter : Merdeka
Melihat Peluang Ridwan Kamil jadi Capres Alternatif Golkar Ridwan Kamil masuk Golkar. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil (RK) resmi bergabung sebagai kader Partai Golkar (18/1). Bergabungnya RK disebut mampu memberi dampak positif terhadap Partai Golkar. Apalagi dengan posisinya sebagai politisi yang aktif menggunakan media sosial.

Analis Politik Arifki Chaniago berpandangan, bergabungnya Ridwan Kamil membuat Golkar memiliki capres atau cawapres alternatif untuk diusung di Pilpres 2024. Bahkan, menggeser Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Golkar (akan) memiliki alternatif lain capres atau cawapres, jika di tahun 2024 Airlangga gagal maju. Apalagi Jawa Barat sebagai basis suara kunci di Pilpres, bakal menguntungkan bagi Golkar atau capres yang diusungnya," kata Arifki kepada wartawan, Jumat (20/1).

Meski berpotensi menggeser Airlangga, Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini melihat hak prerogatif masih ada di tangan partai. Apakah tetap mempertahankan Airlangga atau memberikan kesempatan tersebut kepada RK.

“RK bisa jadi alternatif bagi Golkar di tahun 2024. Tapi itu tergantung Golkar lagi mau atau tidak usung Kang Emil’, ujar Arifki.

2 dari 2 halaman

Partai Golkar telah menyatakan keputusan nama calon presiden Golkar akan tetap milik Airlangga Hartarto. Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily yakin Ridwan Kamil selaku kader tentu akan menghormati keputusan partai dan tidak akan mencalon diri untuk maju di Pilpres 2024.

"Pak RK sampaikan beliau politiknya tahu diri, saya kira beliau akan tunduk kepada apa yang jadi perintah partai," ujar Ace di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis 19 Januari 2023.

Menurut Ace, keputusan capres Golkar bukan berarti kader lain seperti RK tidak memiliki kapasitas capresc namun hal ini terkait fatsun politik.

"Bukan soal tidak berkapasitas, ini kan soal fatsun kebijakan partai," ujar dia.

Ace menyebut RK telah komit dengan keputusan Golkar dan siap memenangkan Golkar dan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024.

"Pak RK sudah menunjukkan komitmennya untuk mengikuti dan loyal trhadap keputusan tersebut serta beliau berkomitmen mensosialisasikan dan menggaungkan kemenangan Pak Airlangga dan Golkar dalam pemilu 2024 nanti," dia menandasi.

Reporter: M Radityo

Baca juga:
Ridwan Kamil Gabung Golkar, PAN Ungkap KIB Masih Prioritaskan Tiga Ketum jadi Capres
Kehadiran Ridwan Kamil dan Soekarwo Tambah Kekuatan Golkar di Jabar dan Jatim
Ridwan Kamil Bergabung, Apa Untungnya Buat Golkar?
PPP Sebut Ridwan Kamil Tokoh yang Dipantau KIB Sebagai Capres Potensial

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini