Mahfud MD puji model seleksi caleg PSI, lebih obyektif

Minggu, 5 November 2017 13:15 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Mahfud MD puji model seleksi caleg PSI, lebih obyektif Uji bakal caleg PSI. ©2017 Merdeka.com/sania mashabi

Merdeka.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memuji proses seleksi bakal calon anggota legislatif (caleg) yang digelar Partai Solidaritas Indonesia. Mahfud yang menjadi salah satu juri menyebut, model ini bisa menjadi contoh ke depan untuk seleksi caleg terbuka untuk semua orang dari berbagai bidang.

"Kalau ini kan siapa saja boleh daftar, kemudian dites secara terbuka oleh berbagai lintas bidang dan orang yang punya kedudukan yang berbeda-beda sehingga obyektivitasnya lebih bagus," ujar Mahfud di kantor DPP PSI, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (05/11).

Bahkan Mahfud menyebut, proses seleksi itu sebagai eksperimen politik yang baru di Indonesia. "Bagi saya ini suatu eksperimen politik yang baru di Indonesia dan Insya Allah akan baik hasilnya untuk mulai memperbaiki proses rekrutmen politik yang lebih beradab dan profesional," ujarnya.

Selama menguji beberapa bakal caleg, Mahfud menilai ada kesamaan persoalan yang diangkat. "Kalo substansi hampir semua caleg itu selalu menyampaikan pandangan yang sama, misalnya mengenai korupsi dan intoleransi. Bahwa negara ini harus bersih dari korupsi kalau ingin selamat dan harus membangun toleransi untuk keberadaban bangsa ke depan," ungkapnya.

Selain Mahfud, tim penilai yang menguji para bakal caleg adalah pegiat antikorupsi Zainal Arifin Mochtar, mantan Menparekraf Mari Elka Pangestu, Henny Supolo, Hamdi Muluk, Djayadi Hanan, Neng Dara Affiah dan Sri Budi Eko Wardani. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini