Kode Mulus Sandiaga Uno Maju Capres 2024, Bagaimana dengan Prabowo?

Rabu, 22 Januari 2020 07:00 Reporter : Syifa Hanifah
Kode Mulus Sandiaga Uno Maju Capres 2024, Bagaimana dengan Prabowo? Prabowo-Sandiaga terima hasil putusan MK. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Usai kalah di Pilpres 2019, Sandiaga Uno tetap bergerilya ke sejumlah daerah buat bertemu masyarakat. Karenanya tak heran jika namanya disebut-sebut berpotensi kembali mencalonkan diri di Pilpres 2024 mendatang.

Sandiaga cukup berpengalaman di dunia politik. Terlebih ia pernah maju sebagai cawapres di Pilpres 2019 mendampingi Prabowo Subianto.

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal kuat jika Sandiaga Uno memiliki potensi besar maju sebagai calon presiden di 2024 mendatang.

Jika Presiden Jokowi sudah memberi kode, bagaimana dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto? Apakah akan memberi restu? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Sinyal Jokowi

Presiden Jokowi menyebut Sandiaga Uno berpotensi sebagai calon presiden di 2024 dalam acara HIPMI, Rabu (15/1). Jokowi dalam kesempatan itu bilang ada yang berpotensi menggantikan dirinya di 2024 nanti.

"Yang saya hormati Pak Sandiaga Uno. Yang hapal hanya satu, Bapak Sandiaga Uno," kata Jokowi saat mengawali sambutan.

"Hati-hati 2024," sambung Jokowi.

Ucapan Jokowi disambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir. Jokowi meyakini pernyataan yang disampaikan Ketua Dewan Pembina, Hipmi Bahlil Lahadalia, bahwa kandidat penggantinya berasal dari kalangan Hipmi.

"Tadi kan disampaikan Ketua Dewan Pembina, kalau 2024 nanti kemungkinan yang hadir di sini adalah kandidat yang kemungkinan besar akan menggantikan saya. Dan saya meyakini itu," kata Jokowi.

2 dari 4 halaman

Punya Modal Politik Tinggi

sandiaga uno

2019 Merdeka.com

Sedangkan Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon yakin Sandiaga memiliki kans untuk maju sebagai capres. Dia bilang, Sandiaga memiliki modal politik yang tinggi.

"Ini pemilu masih lama, saya pikir memang Pak Sandi punya modal politik yang cukup tinggi kan. Kemarin sebagai cawapres, saya kira wajar dengan modal politik yang tinggi seperti itu, bisa jadi salah satu kandidat, jadi saya kira itu hal yang logis saja di dalam politik," kata Fadli, Senin (20/1).

Dia melihat gestur yang baik dari sikap Presiden Jokowi. Menurutnya dukungan tersebut juga hal yang wajar.

"Saya kira secara politik juga sangat wajar, karena kemarin kan jadi kompetitor, pak Prabowo juga kan sudah di dalam, dan jadi Menhan. Pak Sandi tidak berada di dalam, dan saya kira masih rating kan masing tinggi semuanya," kata Fadli.

Namun, Fadli belum membaca apakah Gerindra bakal berkoalisi di 2024. Menurutnya, masih terlalu jauh. Dia prediksi dua tahun kemudian baru kelihatan. "Jadi saya kira itu nanti sangat tergantung dinamika politik jelang itu yah. Saya kira masih dua tahun yang akan datang," kata dia.

3 dari 4 halaman

Gerindra Akui Sandiaga Prospek Capres

Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai, tidak ada yang salah dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan Sandiaga berpotensi sebagai calon presiden di 2024.

Dasco menilai, bukan hal yang mustahil Sandiaga menjadi capres 2024. Dia menilai, pernyataan Jokowi itu keluar karena kebetulan Sandiaga paling dekat sebagai capres 2024 karena bertarung di 2019 sebagai cawapres.

"Nah di acara HIPMI itu mungkin salah satunya ada pak Sandi yang kebetulan sudah pernah menjadi cawapres dan ya mungkin persyaratan formal semuanya sudah dilewati, tentunya pasti prospek untuk mencalonkan jadi capres bukanlah hal yang mustahil," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1).

Dasco bilang, di Gerindra untuk mencalonkan sebagai presiden akan ada forum resmi untuk membahas hal tersebut. Saat itu, Gerindra belum membahas pencapresan 2024.

"Jadi untuk sementara ya partai Gerindra belum bicara dulu soal capres cawapres. Kami masih dalam tahap konsolidasi sesudah pilpres," kata dia.

4 dari 4 halaman

Prabowo Beri Lampu Hijau?

prabowo sandiaga terima hasil putusan mk

2019 Merdeka.com

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melihat kans mantan pasangannya di Pilpres 2019, Sandiaga Uno sebagai calon presiden potensial di 2024. Apalagi nama anggota dewan pembina Gerindra itu digoda Presiden Joko Widodo sampai Kepala BIN Budi Gunawan.

"Bisa saja," jawabnya singkat saat ditanya wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/1).

Prabowo tak bicara lebih lanjut soal kans Sandiaga. Dia menilai, pertarungan presiden 2024 masih lama.

"Masih lama, masih lama itu," kata dia. [dan]

Baca juga:
Prabowo Lihat Sandiaga Uno Berpeluang Jadi Capres 2024
Jokowi Singgung 'Hati-hati 2024', Gerindra Akui Sandiaga Prospek Capres
Bertemu Pimpinan MPR, Ketum Muhammadiyah Minta Presiden Tetap Dipilih Rakyat
PPP Ingin Pilpres dan Pileg Dipisah
Gerindra Santai Golkar Dorong Airlangga Jadi Capres 2024
Jokowi Diminta Waspadai Politisi Rabun Ayam dan Ikan Lele

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini