KIB Siap 'Tarung' dengan Prabowo di Pilpres 2024

Minggu, 14 Agustus 2022 16:33 Reporter : Alma Fikhasari
KIB Siap 'Tarung' dengan Prabowo di Pilpres 2024 Ketua DPD Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily. Alma Fikhasari

Merdeka.com - Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyatakan maju sebagai Capres di Pemilu 2024 setelah mendapat dukungan dari 34 DPD. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) siap bertarung dengan Prabowo dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Tentu kami hormati Pak Prabowo yang menyatakan maju kembali sebagai calon presiden dan KIB tentu siap berkontestasi dengan Pak Prabowo," kata Ketua DPD Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily, saat konsolidasi KIB di Surabaya, Minggu (14/8).

Ace menghormati keputusan Prabowo maju sebagai Capres di Pemilu 2024. Hal tersebut merupakan hak Prabowo.

"Saya kira kita harus menghormati ya. Setiap orang kan memiliki hak untuk maju dan tentu kita tidak bisa membatasi hak seseorang untuk mencalonkan dan dicalonkan," ujar dia.

Perihal deklarasi Capres KIB, Ace menyebut, akan dibahas mendalam para ketua umum partai tergabung dalam KIB. Partai Golkar sendiri ditegaskan Ace menginginkan ketua umum Airlangga Hartarto sebagi Capres.

"Belum (nama capres di KIB) ya walaupun Partai Golkar sendiri menginginkan Pak Airlangga tapi itu kan harus dibahas bersama ketua umum kedua partai yang lain," kata Ace.

KIB menggelar konsolidasi dengan agenda penyampaian gagasan dan visi misi menuju Pemilu 2024. Agenda tersebut dihadiri langsung ketua umum tergabung dalam KIB, yaitu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

2 dari 2 halaman

Prabowo Nyatakan Maju Lagi Jadi Capres 2024

Ketum Gerindra Prabowo Subianto memutuskan untuk menerima dorongan 34 DPD partai agar dirinya maju sebagai Capres di Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Prabowo dalam Rapimnas di SICC, Sentul, Bogor, Jumat (12/8).

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim. Setelah saya pelajari dan mendengarkan dengan seksama sikap setiap DPD dan setiap sayap partai yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden RI tahun 2024," kata Prabowo.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia," tegas Prabowo. [gil]

Baca juga:
KIB Pilih Kota Surabaya untuk Launching Visi Misi, Ini Alasannya
PAN: Setelah Surabaya, KIB Keliling Indonesia Sosialisasi Platform Koalisi
KIB Konsolidasi di Surabaya, Golkar: Bahas Visi Misi Lanjutkan Program Jokowi
Ditentukan Lewat Musyawarah, Capres KIB yang Dipilih Tak Memecah Belah Koalisi
Tiga Pasangan Calon Presiden Dibutuhkan untuk Cegah Polarisasi di Pilpres 2024
Syarat Capres KIB, PPP: Paham Visi Besar Presiden Jokowi
Bakal Ungkap Visi Misi, KIB Dinilai Utamakan Ide Tak Sekadar Berebut Kuasa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini