Kampanye hitam Pilpres: Jokowi capres boneka, Prabowo isu HAM

Kamis, 22 Mei 2014 18:46 Reporter : Sukma Alam
Kampanye hitam Pilpres: Jokowi capres boneka, Prabowo isu HAM Jokowi-Prabowo. ©2014 merdeka.com

Merdeka.com - Jelang pemilihan presiden 9 Juli 2014, kampanye hitam mulai bermunculan terhadap capres Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Tidak tanggung-tanggung dalam lima bulan terakhir ribuan isu kampanye hitam telah diberitakan melalui media.

"Jumlah ekspose pemberitaan berkenaan dengan Jokowi dan kampanye hitam mencapai angka 1.515 berita. Isu negatif yang menjadi materi kampanye hitam terhadap Jokowi. Di antaranya, capres boneka, bus karatan dan sebagainya," ujar Direktur Indonesia Indicator Rustika Herlambang kepada wartawan di Warung Kopi Deli Jalan Sunda No 7, Jakarta Pusat, Kamis (22/5).

Menurutnya, kampanye hitam yang ditujukan untuk Prabowo tidak terlalu banyak. Isu HAM dan penculikan paling dominan diberitakan.

"Prabowo mendapat sorotan pemberitaan mengenai kampanye hitam sejumlah 743 berita. Tidak banyak ekspose isu negatif dari Prabowo kecuali soal pelanggaran HAM dan penculikan," lanjutnya.

Dia mengatakan, sepanjang tahun 2014 sekitar 173 media online di Indonesia memberitakan kampanye hitam. "Terdapat 5.556 pemberitaan mengenai kampanye hitam. Di mana di dalamnya terdapat frasa kampanye negatif," tutur dia.

Lebih lanjut, kampanye hitam salah satu jurus jitu yang paling cepat dan efektif untuk menurunkan kekuatan lawan. Dengan melakukan isu kampanye hitam melalui media online, kata dia, mampu dengan cepat menjalar ke jutaan orang.

"Pada akhirnya kampanye hitam menjadi paradoks tersendiri dalam politik. Di satu sisi, praktik ini cukup efektif mereduksi dan melemahkan kekuatan lawan," tandasnya.

Seperti diketahui, Indonesia Indicator menggunakan metode pengumpulan perangkat lunak crawler (robot) dengan menganalisis berbasis AI, semantik, dan text mining. Penelusuran media dilakukan secara real time, 24x7x365, dengan cakupan 330 media online nasional dan daerah dalam kurun waktu 1 Januari22 Mei 2014 pukul 06.00.00 WIB. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini