Jubir Yenny Wahid: Keluarga Gus Dur Tidak Dalam Gerbong PKB Muhaimin

Kamis, 23 Juni 2022 16:10 Reporter : Ahda Bayhaqi
Jubir Yenny Wahid: Keluarga Gus Dur Tidak Dalam Gerbong PKB Muhaimin Yenny Wahid. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Juru Bicara putri Gus Dur Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid menjelaskan pernyataan Yenny Wahid kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk memberikan pemahaman terkait Pilpres 2024. Bahwa keluarga Gus Dur tidak dalam gerbong PKB pimpinan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Pernyataan Mbak Yenny tentang PKB Muhaimin dan PKB Gus Dur merupakan upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama berkait Pilpres 2024 bahwa keluarga Gus Dur hingga saat ini tidak dalam gerbong Muhaimin," ujar Imron dalam keterangannya, Kamis (23/6).

Menurut Imron, Cak Imin dan PKB mengeksploitasi nama besar Gus Dur. Padahal, Cak Imin pernah mengkudeta Gus Dur dan merebut kursi kepemimpinan PKB dari pamannya sendiri.

"Selama ini PKB Muhaimin Iskandar tetap mengeksploitasi nama ataupun gambar Gus Dur meskipun Gus Dur adalah paman yang dia lawan secara hukum di pengadilan," ujarnya.

Imron mengingatkan, PKB pernah mengalami penurunan suara signifikan pada Pemilu 2009. Salah bila Cak Imin bilang PKB tidak terpengaruh gerakan Yenny. Suara PKB saat ini yaitu sebesar 9,69 persen tidak bisa melebihi persentase perolehan PKB pada Pemilu 1999 yang mencapai 1999.

"Membandingkan angka perolehan 13,57 juta suara di tahun 2019 dengan 13,2 juta suara di dua dekade sebelumnya (1999) menjadi tidak relevan dan manipulatif karena variabel kenaikan jumlah penduduk Indonesia seolah-olah tidak diperhitungkan," kata Imron.

Ia pun menanggapi sindiran Cak Imin terhadap Yenny yang dianggap gagal mendirikan partai. Kata Imron, kegagalan itu bukan hanya urusan teknis verifikasi. Tetapi ada upaya penggagalan dari beberapa pihak.

"Saya Yakin Cak Imin tidak akan mampu buat partai karena PKB saat ini berhasil didirikan tahun 1998 dengan menggunakan jaringan NU di bawah Kepemimpinan Gus Dur," tegas Imron.

2 dari 2 halaman

Yenny sebelumnya menyindir pencalonan Cak Imin sebagai calon presiden 2024. Yenny mengatakan, Cak Imin tidak perlu ngotot nyapres karena elektabilitas rendah. Pernyataan Yenny dibalas Cak Imin. Ia tampak geram sampai meminta Yenny tak lagi ikut campur urusan internal PKB.

Cak Imin menegaskan, Yenny Wahid bukan PKB. Dia menyindir, Yenny sempat mau bikin parpol namun tidak lolos.

"Yeni itu bukan PKB, bikin partai sendiri saja gagal lolos, beberapa kali pemilu nyerang PKB enggak ngaruh, PKB malah naik terus suaranya," tulis Cak Imin dalam akun Twitternya, Kamis (23/6).

Seperti diketahui, medio 2012 lalu, Yenny Wahid memang sempat membuat parpol dengan nama Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB). Bahkan, parpol tersebut sempat didaftarkan ke KPU. Namun tidak mampu lolos ikut kontestasi.

Cak Imin meminta agar Yenny tak lagi berkomentar tentang PKB. Dia pun menyarankan agar Yenny lebih baik fokus meloloskan parpol yang dibentuknya sendiri.

"Jadi ngapain ikut-ikut ngatur PKB, hidupin saja partaimu yang gagal itu. PKB sudah aman nyaman kok," kata Cak Imin lagi.

Diketahui, hubungan Cak Imin dan keluarga Gus Dur memang tak akur sejak dulu. Tepatnya ketika Cak Imin menggugat ke pengadilan tentang kekuasaan di PKB.

Hingga akhirnya Cak Imin berhasil mengambil alih PKB melalui pengadilan.

Baca juga:
Bela Cak Imin, Waketum Minta Yenny Tak Ikut Campur Urusan Internal PKB
PKB: Cak Imin dan Yenny Wahid Saling Sayang
Yenny Wahid: Cak Imin Bisanya Ambil Partai Punya Orang, Peace Cak
Cak Imin Serang Yenny Wahid: Hidupi Saja Partaimu yang Gagal Itu
PDIP Kasih Sinyal akan Gabung Koalisi Gerindra-PKB
Koalisi Gerindra-PKB Berencana Deklarasi di IKN

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini