Jokowi-Ma'ruf Berkoko Putih, Berpeci Hitam dan Bersorban Saat Debat Pilpres

Kamis, 17 Januari 2019 17:27 Reporter : Merdeka
Jokowi-Ma'ruf Berkoko Putih, Berpeci Hitam dan Bersorban Saat Debat Pilpres Jokowi-Maruf Amin. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin berencana mengenakan kemeja berwarna putih saat mengikuti debat Pilpres 2019 hari ini. Jokowi-Ma'ruf juga akan mengenakan peci hitam di debat perdana bertema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme, ini.

"Putih. Iya seperti biasa. Pakai peci," ujar Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Usman Kansong saat dihubungi wartawan, Kamis (17/1).

Usman menuturkan, kemeja panjang putih yang dikenakan Jokowi dan baju koko putih yang dikenakan Ma'ruf sesuai dengan yang ada di surat suara Pilpres 2019. Ma'ruf Amin pun tetap mengenakan ciri khasnya dengan sorban.

"Iya seperti biasa. Pakai peci," ucapnya.

Sebelumnya, Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap menghdapi debat capres dan cawapres perdana. Dia mengatakan telah mempersiapkan materi-materi yang akan dipaparkannya sesuai tema debat perdana yaitu HAM, hukum, korupsi dan terorisme.

"Ya kita datang saja, datang sesuai dengan materi. Marerinya hukum, materinya HAM materinya terorisme, dan korupsi. Ya sudah," ujar Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat, Rabu, 16 Januari 2019.

Jokowi enggan mengungkapkan materi apa yang difokuskannya untuk menghadapi debat Pilpres. Namun, dia memastikan akan menyampaikan berdasarkan fakta dan data di lapangan.

"Kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong itu dengan fakta-fakta dan yang paling penting rencana ke depan seperti apa," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga yakin jika pasangannya Ma'ruf Amin siap menghadapi debat capres dan cawapres perdana ini. Jokowi mengatakan, Ma'ruf adalah seorang pendakwah sehingga terbiasa berbicara di depan banyak orang.

"Pak Kiai (Ma'ruf Amin) kan setiap hari memberikan kultum, memberikan tausiyah, memberikan khotbah," kata Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan persiapan debat perdana Pilpres di Hotel Bidakara Jakarta Selatan. Dari mulai menetapkan moderator, panelis, dan tema debat capres cawapres.

Ira Koesno dan Imam Priyono terpilih sebagai moderator debat pertama Pilpres 2019. KPU juga telah merampungkan enam nama untuk menjadi panelis pada debat perdana Pilpres 2019.

Keenam panelis itu adalah Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, dan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik.

Selanjutnya, ada nama Bivitri Susanti dan Margarito Kamis yang merupakan ahli tata negara. Terakhir adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini