Gerindra-PKB Susun Piagam Koalisi, Bersiap Deklarasi Jelang HUT RI

Selasa, 26 Juli 2022 16:52 Reporter : Ahda Bayhaqi
Gerindra-PKB Susun Piagam Koalisi, Bersiap Deklarasi Jelang HUT RI Prabowo dan Cak Imin. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gerindra dan PKB segera melakukan deklarasi koalisi untuk Pemilu 2024. Deklarasi ini rencananya akan digelar berdekatan dengan hari kemerdekaan 17 Agustus. Elite Gerindra dan PKB tengah bertemu untuk membahas butir-butir piagam deklarasi yang memuat visi misi hingga latar belakang koalisi.

"Alhamdulillah, kami kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang memuat visi, misi, dan latar belakang kenapa kami harus bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024. Ini penting karena kami tidak ingin kerja sama kami ini hanya sekadar pragmatism politik, tetapi lebih dari itu, kami ingin koalisi kami benar-benar untuk memberi opsi kemanfaatan lebih besar bagi Indonesia," ujar Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda dalam keterangannya, Selasa (26/7).

Pertemuan Gerindra dan PKB digelar di kawasan Jakarta Selatan. Hadir dari pihak Gerindra, Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo. Sedangkan dari PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda.

Huda mengatakan pertemuan juga membahas kapan deklarasi akan digelar. Deklarasi ini mencermati unsur kebaikan dari sisi spiritual dan taktis politis sesuai dengan budaya Nusantara.

"Kami benar-benar meniatkan kerja sama ini sebagai hal baik sehingga kita hitung secara cermat dari berbagi dimensi sehingga nantinya hasilnya juga baik untuk Indonesia," kata Huda.

2 dari 2 halaman

Namun, Huda belum mau mengungkap kapan deklarasi koalisi Gerindra dan PKB akan digelar. Kisi-kisinya deklarasi akan digelar berdekatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang.

"Kita belum bisa sampaikan waktu tepatnya, tetapi Insyaallah tidak akan jauh dari Perayaan HUT Kemerdekaan kita," terang Huda.

Sementara itu, Piagam Deklarasi disusun sebagai pondasi kerjasama Gerindra dan PKB. Dalam Piagam Deklarasi tersebut juga akan disinggung langkah-langkah Kerjasama politik yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

"Piagam Deklarasi ini seperti konstitusi yang menjadi landasan kerja sama para pihak yang nantinya akan diterjemahkan dalam kesepakatan lebih detail di kemudian hari," jelas Huda. [ray]

Baca juga:
NasDem: Anies dan Ganjar Tokoh Preferensi Publik, Kalau Hasto Beda Silakan Saja
Umumkan Capres 2024, Koalisi NasDem Tunggu Surya Paloh Dapat Hilal
NasDem: Tidak Ada yang Sulit Koalisi dengan PDIP, Nanti Ketemu Hasto Haha Hihi
Efek Jokowi untuk Bakal Calon Presiden 2024 Belum Terasa Signifikan
Zulhas Sebut Anies dan Erick Capres, PPP Tak Campuri 'Rumah Tangga' Orang Lain

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini