Gerindra Dapat Kursi Menteri, NasDem Tetap Totalitas Dukung Jokowi

Selasa, 22 Oktober 2019 17:45 Reporter : Merdeka
Gerindra Dapat Kursi Menteri, NasDem Tetap Totalitas Dukung Jokowi Prabowo dan Edhy Prabowo di Istana. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya mengatakan partainya menerima keputusan Presiden Joko Widodo yang memberikan jatah menteri untuk Gerindra. Dia menegaskan, NasDem tetap mendukung Jokowi walaupun ada Gerindra di koalisi.

"NasDem sama Pak Jokowi itu satu. Totalitas dalam mendukung dan tidak usah ditawar-tawar. Walaupun Gerindra bergabung, itu satu hal yang kemudian atas dasar pertimbangan kepentingan nasional. Atas dasar yang sudah dikalkulasi sebagai simbol rekonsiliasi, dalam konteks itulah NasDem menerima dengan lapang dada," Kata Willy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (22/10).

Willy menilai secara garis besar, digandengnya Gerindra masuk ke koalisi pemerintah sebagai hal luar biasa dilakukan Presiden Jokowi. Sebab jika dilihat rekam jejak mulai dari Pilpres 2014 hingga 2019, keduanya bak rival yang menjadi bersahabat.

"Ini suatu hal yg luar biasa, bagaimana kerelaan seorang Jokowi menerima Prabowo, dan kerelaan seorang Prabowo calon presiden yang mau jadi menteri. Kejadian ini menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi kita negara berdemokrasi," ungkap Willy.

Terkait calon menteri dari NasDem, sampai saat diketahui sudah dua kader yang dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Negara. Pertama Sekjen NasDem Jhonny Plate dan mantan Menteri KLHK Siti Nurbaya. Namun belum diketahui berapa jumlah menteri yang akan diberikan Jokowi di periode kedua.

"Ya kalau jatah tentu kita serahkan kepada presiden nanti, engga tau lah berapa. Tapi NasDem siap membantu beliau. Tapi tadi yang sudah dipanggil dua," jelas Willy.

Reporter: M Radityo [ray]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini