Elektabilitas Tertinggi, Prabowo-Erick Thohir Disebut Pasangan saling Melengkapi

Senin, 3 Oktober 2022 16:48 Reporter : Merdeka
Elektabilitas Tertinggi, Prabowo-Erick Thohir Disebut Pasangan saling Melengkapi Erick Thohir Temui Prabowo di Kemenhan. Instagram Erick Thohir

Merdeka.com - Elektabilitas duet Menteri Pertahanan Prabowo Subianto-Menteri BUMN Erick Thohir menduduki peringkat tertinggi dalam simulasi pemilihan presiden dan wakil presiden 2024, versi Lembaga survei Indikator Indonesia. Hasil tersebut didapat dari simulasi tiga poros pasangan dalam Pilpres 2024 yang dilakukan Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia.

Berdasarkan hasil simulasi, pasangan Prabowo-Erick Thohir berhasil meraih suara tertinggi dengan 37,8 persen. Menyusul kemudian Ganjar Pranowo-Puan Maharani dengan 34,4 persen sedangkan Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil berada di angka 16,8 persen.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan, menguatnya angka elektabilitas Prabowo-Erick Thohir lantaran keduanya mendapat penilaian positif masyarakat. Baik Prabowo maupun Erick Thohir dinilai memiliki kinerja yang bagus sebagai menteri.

"Temuan survei ini menunjukan kedua figur tersebut dilihat sebagian besar publik sebagai pasangan calon saling melengkapi satu sama lain," ujar Bawono kepada wartawan, Jakarta, Senin (3/10/).

Bawono menyampaikan, tidak hanya mengenai kinerja sebagai menteri, latar belakang keduanya juga memiliki andil besar yang membuat persepsi publik menjatuhkan pilihan kepada keduanya.

Latar belakang tersebut adalah pengalaman Prabowo di dunia militer sehingga dipersepsikan sebagai pemimpin tegas. Sedangkan Erick Thohir yang berawal dari seorang sipil dan pengusaha sukses semakin melengkapi duet militer-sipil.

"Latar belakang sebagai tokoh partai politik Prabowo Subianto dilengkapi figur latar belakang nonpartai politik dimiliki oleh Erick Thohir," jelasnya.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan pada tanggal 13 hingga 20 September. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. [cob]

Baca juga:
Demokrat Tetap Dorong AHY Maju di Pilpres 2024, Pertimbangkan Opsi Cawapres
Cerita Pertemuan Surya Paloh-AHY Sebelum Deklarasi Anies Baswedan Capres
Anies Bicara Sosok Cawapres: Intinya Siap Berjalan Bersama
PKS Tetap Putuskan Capres Lewat Majelis Syuro
Demokrat: Anies dan AHY Kalau Bertemu Seperti Dua Pendekar
Diusung Nasdem Jadi Capres 2024, Ini Elektabilitas Anies versi Lembaga Survei

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini