Dicalonkan PDIP, Sri Adiningsih jadi Ketua Wantimpres

Selasa, 27 Januari 2015 13:57 Reporter : Muhammad Sholeh
Dicalonkan PDIP, Sri Adiningsih jadi Ketua Wantimpres sri adiningsih. ©youtube

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 19 Januari lalu. Dengan pertimbangan semua anggota, Jokowi akhirnya memilih Sri Adiningsih sebagai ketua tim penasihat presiden itu.

"Pembagian tugas-tugas saja, internal. Ketua Bu Sri," kata anggota Wantimpres Abdul Malik Fajar usai rapat tertutup di kantornya, Jakarta, Selasa (27/1).

Ke-9 anggota Wantimpres adalah Sri Adiningsih, Abdul Malik Fajar, Hasyim Muzadi, Jan Darmadi, M Yusuf Kartanegara, Rusdi Kirana, Sidarto Danusubroto , Subagyo Hadi Siswoyo dan Suharso Monoarfa.

Seskab Andi Widjajanto pernah mengatakan bahwa Sri Adiningsih, yang merupakan akademisi dari Universitas Gadjah Mada, memang dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sementara, Sidarto Danusubroto, bekas politikus PDIP, dipilih langsung oleh Jokowi.

Sementara itu, menurut anggota Wantimpres Rusdi Kirana mengatakan, dia dipercaya untuk mengemban bidang ekonomi. Hal ini kata dia, sesuai kemampuan dan pengalaman yang dia miliki.

"Bidang saya di sini ekonomi, keuangan menyangkut infrastruktur, maritim," kata Rusdi.

Sedangkan untuk bidang politik dan keamanan, tambah Rusdi, dijabat oleh anggota Wantimpres yang memiliki latar belakang jenderal purnawirawan.

"Pak Hasyim bidang Kesra, Pak Malik bidang politik, Pak Yusuf pertahanan, Pak Harso ekonomi, Pak Sidarto politik. Tapi itu bukan keppres ya, itu internal," jelasnya. [ren]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini