Daftar 9 Capres PSI: Ada Erick Thohir, Ganjar Pranowo, hingga Ridwan Kamil

Rabu, 10 Agustus 2022 11:35 Reporter : Merdeka
Daftar 9 Capres PSI: Ada Erick Thohir, Ganjar Pranowo, hingga Ridwan Kamil Cagub Jateng Ganjar Pranowo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menyatakan sembilan kandidat capres yang diusung PSI tegah digodok dalam Rembuk Rakyat. Sembilan kandidat tersebut yakni Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, dan Sri Mulyani Indrawati.

"Namanya Rembuk Rakyat, jadi kita punya 9 kandidat orang-orang terbaik di bangsa ini. Nah kita lagi minta masukan lagi kepada rakyat mau milih yang mana, tapi rasanya karena kami ini partai yang didirikan terinspirasi oleh Jokowi maka capresnya Pak Jokowi akan menjadi capres PSI di 2024," kata Juli di Gedung KPU, Rabu (10/8).

Juli menyebut Rembuk Rakyat baru akan selesai pada November 2022. Artinya, PSI baru akan mengumumkan capres pilihannya pada akhir tahun nanti.

"Votingnya sampai November. Belum pasti tanggalnya. Yang pasti sebelum tutup bulan November insya Allah nanti hasilnya diumumkan," kata dia.

Saat ini, Juli menyebut nama teratas kandidat capres PSI adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "Siapa yang paling tinggi. Sementara ini hasilnya Ganjar," ucapnya.

Meski memasrahkan capres di tangan Jokowi, Juli mengklaim PSI bukan tidak memiliki sikap melainkan memang memiliki pandangan politik yang sama dengan Jokowi.

"Pasti punya sikap sendiri makanya kita punya proses tadi kan, kita punya Rembuk Rakyat, tapi rasanya karena secara ideologi perspektif cara pandang politik kita sama dengan Pak Jokowi, sepertinya dan insya Allah capresnya PSI pasti capresnya pak Jokowi atau capresnya Jokowi capresnya PSI," kata dia.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Juli menegaskan bahwa calon presiden yang akan pihaknya dukung di Pilpres 2024 adalah calon sama yang akan dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Untuk capres apa yang kami pilih akan sama dengan yang dipilih Pak Jokowi," kata Juli di Gedung KPU, Rabu (10/8/2022).

Juli mengklaim siapapun capres pilihan Jokowi maka calon itu akan otomatis capresnya Jokowi. "Jadi capres pak Jokowi, capresnya PSI," kata dia.

Reporter: Delvira Hutabarat/Liputan6.com [tin]

Baca juga:
Kemesraan Tiga Petinggi Koalisi Indonesia Bersatu Jalan Bersama ke KPU
Raja Juli Antoni: Capresnya Pak Jokowi, Capresnya PSI
Massa Kawal KIB Ricuh, Airlangga dan Zulhas Terhimpit Sampai Sulit Masuk KPU
Daftar Bareng 3 Partai KIB, PSI: Ada Tanda Alam untuk Koalisi
Diiringi Musik Dangdut, PSI Daftar Peserta Pemilu ke KPU

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini