Bersih-bersih loyalis Ical di DPR, Setya Novanto selamat

Selasa, 17 Maret 2015 08:01 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Bersih-bersih loyalis Ical di DPR, Setya Novanto selamat Setya Novanto. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) mengesahkan kepengurusan Golkar Munas Ancol yang dipimpin oleh Agung Laksono. Dalam putusan itu, Agung diwajibkan untuk mengakomodir orang-orang Munas Bali kepemimpinan Aburizal Bakrie (Ical) dengan sejumlah syarat.

Pasca putusan tersebut, Agung Laksono langsung bergerak cepat. Mantan Menko Kesra itu melakukan safari politik ke sejumlah ketua umum parpol seperti Wiranto, Surya Paloh dan Megawati Soekarnoputri. Agung juga menegaskan, Golkar kepemimpinannya akan mendukung penuh pemerintahan Jokowi dan keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP).

Tidak cuma itu, Agung juga bakal mengajukan kepengurusan fraksi Golkar kubunya dan melakukan bersih-bersih kepada seluruh pejabat fraksi yang loyal kepada Ical. Nama Ketua Fraksi Golkar DPR, Ade Komaruddin dan Sekretaris Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo santer terdengar bakal diganti.

Agus Gumiwang didapuk akan menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPR. Namun rupanya, tak semua loyalis Ical 'dibersihkan' oleh kubu Agung. Ketua DPR Setya Novanto ditegaskan tidak akan diganti dan tetap menjabat sebagai orang nomor satu di DPR.

"Ya yang jelas posisi Ketua DPR dan MPR tidak akan diganti," kata Wakil Ketua Umum Golkar kubu Agung, Priyo Budi Santoso usai menghadiri pertemuan dengan Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Senin (16/3).

Setya Novanto dikenal sebagai orang kepercayaan Ical. Periode lalu, Novanto menjabat sebagai bendahara umum partai dan ketua fraksi Golkar di DPR. Ketika Ical kembali jabat ketua umum versi Munas Bali, Novanto didapuk menjadi wakil ketua umum dan dipilih jadi ketua DPR.

Berikut cerita perseteruan Agung Laksono dan Ical yang hendak ganti kepengurusan Golkar di DPR, dihimpun merdeka.com, Selasa (17/3):

Baca Selanjutnya: Ade Komaruddin dicopot Agus Gumiwang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini