Bara Hasibuan PAN Tak Lihat Ada Kecurangan Masif di Pemilu 2019

Kamis, 25 April 2019 12:35 Reporter : Sania Mashabi
Bara Hasibuan PAN Tak Lihat Ada Kecurangan Masif di Pemilu 2019 Kasus Syiah Sampang. ©2013 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menilai, wacana Panitia Khusus (Pansus) untuk Kecurangan Pemilu tidak relevan dimunculkan. Sebab, kata dia, tidak ada kecurangan yang masif di Pemilu 2019.

"Sama sekali tidak ada relevansinya. Sama sekali tidak relevan, karena kan kita tidak melihat ada suatu seperti kata Pak Mahfud (MD) kemarin itu, kan tidak ada kecurangan yang masif, terstruktur dan bersifat nasional," kata Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/4).

Menurut Bara, ada mekanisme tersendiri untuk mengatasi kecurangan pemilu. Salah satunya melalui jalur Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jadi tidak ada relevansinya dan itu sudah ada mekanisme di dalam Undang-Undang pemilu kan kalau ada indikasi kecurangan yaitu kita harus membawa kasus ke Mahkamah Konstitusi," ungkapnya.

Dia pun memastikan partainya tidak akan bergabung dalam pansus tersebut. "Saya pikir kami tidak akan ikut di situ (di pansus)," ucapnya.

Sebelumnya, Fadli Zon akan mengusulkan pembentukan Pansus pada masa persidangan DPR mendatang. Hal itu, dilakukan untuk mengatasi masalah kecurangan dalam Pemilu Serentak 2019.

"Saya kira nanti perlu dibentuk pansus kecurangan ini. Saya akan mengusulkan meski ini akhir periode," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/4). [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini