Bantah SBY, BPN Yakin Partai Pengusung Bakal Dapat Efek Pencapresan Prabowo

Senin, 12 November 2018 13:57 Reporter : Sania Mashabi
Bantah SBY, BPN Yakin Partai Pengusung Bakal Dapat Efek Pencapresan Prabowo Wasekjen PAN Viva Yoga Mauladi. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai Pemilu 2019 akan berat untuk partainya. Alasannya Pileg dan Pilpres dilakukan secara bersama-sama dan yang mendapat efek ekor jas (Coattail Effect) hanyalah partai pengusung capres seperti PDI Perjuangan dan Partai Gerindra. Demokrat sendiri sudah memutuskan untuk mendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Viva Yoga Mauladi enggan berbicara banyak mengenai ucapan SBY. Menurutnya coattail effect akan mengalir ke setiap partai pendukung Prabowo-Sandi.

"Kalau soal paslon Prabowo Subianto, efek ekor jas-nya menurut saya akan terdistribusi ke seluruh partai koalisi. Tidak fokus ke Gerindra saja," kata Viva pada merdeka.com, Senin (12/11).

Politikus PAN ini menilai coattail effect tidak akan fokus ke Gerindra. Hal itu kata dia terbukti dari partainya telah mendapatkan efek dari usahanya mengkampanyekan Prabowo-Sandi.

"Tidak fokus ke Gerindra saja. Buktinya, Ketum PAN bang Zulkifli Hasan kampanye bersama Sandi, ada kenaikan positif dari efek ekor jas," ungkapnya.

Sebelumnya SBY itu memaparkan, setidaknya ada tiga hal yang membuat pemilu 2019 mendatang jauh lebih berat. Pertama, SBY menguraikan pemilu 2019 ini dilaksanakan secara serentak yakni Pilpres bersamaan dengan Pileg. Imbasnya partai politik yang punya capres sangat diuntungkan. Contohnya PDIP dan Partai Gerindra.

"PDIP dengan Pak Jokowi sebagai capres kader partai itu dan Partai Gerindra dengan Prabowo sebagai capres kader Partai Gerindra. Suara kedua partai politik itu meningkat tajam. Sebaliknya partai politik yang tidak punya capres dan cawapres suaranya menurun. Anjlok. Itu realitas," katanya saat pidato di pembekalan Calon Legislatif DPR RI dan Konsolidasi Partai Demokrat se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Sultan, Sabtu (10/11). [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini