Amien Rais: Pak Jokowi Mudeng Demokrasi

Senin, 15 Juli 2019 16:24 Reporter : Merdeka
Amien Rais: Pak Jokowi Mudeng Demokrasi Jokowi-Maruf Sampaikan Pidato Visi Indonesia. ©2019 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung soal oposisi dalam pidato Visi Indonesia yang disampaikan di Sentul International Convention Centre, Jawa Barat, semalam. Jokowi tak mempersoalkan kehadiran oposisi. Bahkan oposisi disebut sangat mulia. Jokowi pun lantas mempersilakan jika ada yang memilih menjadi oposisi.

Dari pidato itu, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menilai, Jokowi memahami betul sistem dan prinsip berdemokrasi. "Pak Jokowi itu mudeng demokrasi," ucap Amien di kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (15/7).

Amien Rais justru menyindir ada pihak yang justru meminta kursi ke Jokowi. Padahal tidak ditawari. Namun Amien tak menyebut sosok tersebut. "Yang lucu, enggak ditawarin Pak Jokowi tapi ada yang minta-minta. Itu kan aib. Jadi geer," jelas Amien.

Karena itu Amien Rais berharap PAN konsisten menjaga sikap politiknya untuk tetap berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. "Sama, jangan sampai bergabung," tukasnya.

Disinggung soal langkah parpol lain, semisal Demokrat, Amien enggan menilai. "Soal Demokrat tanyakan Pak SBY. Udah yah, assalamualaikum," kata Amien kemudian sempat melempar microfon ke atas dan ditangkapnya lagi.

Anggota Dewan Kehormatan PAN Djarat Wibowo menegaskan, 34 DPW solid menyatakan diri untuk berada di luar pemerintah.

"Ya saya buka tipe orang yang suka klaim ya. Tapi yang jelas mereka sudah komunikasi dengan semua pihak. Dan InsyaAllah lebih banyak yang ingin tetap di oposisi," kata Drajat.

Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais memastikan partainya akan mengumumkan sikap resmi.

"Tunggu saja nanti. Pasti partai punya sikap resmi. Dan tidak mungkin tidak mendengarkan dan memerhatikan dengan seksama masukan dari pendiri partai, Pak Amien Rais maupun juga mayoritas suara para kader dan simpatisan yang sudah memilih PAN," jelas Hanafi.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Amien Rais
  2. Jokowi
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini