6 Partai siap keroyok pasangan FX Rudy-Purnomo di Pilkada Solo

Sabtu, 27 Juni 2015 18:05 Reporter : Arie Sunaryo
6 Partai siap keroyok pasangan FX Rudy-Purnomo di Pilkada Solo Wali Kota Solo pasang foto Jokowi. ©2014 merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) akan kembali mengusung pasangan incumbent FX Hadi Rudyatmo dengan Achmad Purnomo dalam Pilkada Kota Solo, 9 Desember mendatang. Pasangan yang saat ini masih menjabat wali kota dan wakil wali kota itu diperkirakan akan dengan mudah melenggang merebut pucuk pimpinan di Kota Bengawan.

Sejumlah partai politik yang menjadi lawan pun siap bersatu demi merebut kursi AD 1. Saat ini 6 partai politik telah bergabung dan menamakan diri sebagai Koalisi Solo Bersama siap menghadang pasangan calon PDIP. Keenam partai yang tengah. menyiapkan calon terbaik tersebut adalah Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Keadilan Sejahtera.

"Kami sudah sepakat mengusung Anung Indro Susanto sebagai calon wali kota. Untuk calon wakil wali kota masih terus kami godok," ujar Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Solo, Sugeng Riyanto, Sabtu (27/6).

Seperti diberitakan sebelumnya, Anung berasal dari kalangan birokrat yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala badan Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Anak dan Perlindungan Perempuan Kota Solo.

"Sada 3 calon wakil wali kota yang saat ini tengah menjalani uji kelayakan. Kami akan memilih calon yang paling berpeluang untuk bisa ikut mendongkrak suara Anung," katanya.

"Selain uji kelayakan, lanjut dia, hasil survey yang tengah dilakukan juga akan menjadi penentu. Ketiga kandidat tersebut adalah pengacara Muhammad Taufiq, politisi PAN Umar Hasyim dan politisi PKS Muhammad Fajri," jelasnya.

Sugeng mengakui bahwa calon yang diusung PDIP cukup berat dikalahkan. Meski demikian, dia menyebut bahwa terungkapnya pasangan calon yang akan diusung oleh PDIP justru membuat koalisinya lebih mudah mengatur strategi. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Pilkada Solo
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini