4 Hari Pelipatan, KPU Tangsel Temukan 924 Kertas Suara Rusak

Kamis, 28 Maret 2019 00:01 Reporter : Kirom
4 Hari Pelipatan, KPU Tangsel Temukan 924 Kertas Suara Rusak Petugas melakukan bongkar muat kertas suara Pemilu di gudang logistik KPU Tangsel. ©2019 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan mendapati 924 kertas suara Pemilu untuk caleg DPR RI dan DPRD Provinsi yang rusak. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari proses pelipatan dan pemeriksaan yang dilakukan selama empat hari ini.

"924 (kertas suara) ini untuk jenis kertas suara DPR RI dan DPRD Provinsi. Kalau yang DPD dan DPRD kota belum diakumulasi," kata Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro, Rabu (27/3).

Menurut Bambang, jumlah kertas suara rusak itu baru berdasarkan hasil perhitungan dari pelipatan kertas suara yang dilakukan selama empat hari lalu.

"Jadi jumlah itu masih berjalan, karena petugas masih melakukan pelipatan kertas suara sampai beberapa hari ke depan. 924 kertas yang rusak itu berdasarkan hasil pelipatan dan pemeriksaan dari empat hari pelipatan kertas," katanya.

Dia merincikan 924 kertas suara rusak itu terdiri dari 758 lembar surat suara DPR RI dan 166 lembar surat suara DPRD Provinsi.

"Kerusakannya ini lebih karena kelalaian petugas pelipat dan pencetakan kertas yang miring. Kalau kelalaian pelipat ini biasanya mengalami sobekan pada bagian atas surat dan sobekan pada surat suaranya," ucap dia.

"Kalau surat suara untuk DPD dan DPRD tingkat Kota Tangsel ini memang belum dihimpun karena pelipatannya sendiri baru kami lakukan hari ini," terang Bambang.

Menurutnya, sampai saat ini, KPU Tangsel telah menerima empat jenis kertas suara yang terdiri dari kertas suara DPR RI, DPRD Kota, DPRD Provinsi dan DPD RI.

Sementara untuk kertas suara presiden/wakil presiden, KPU Kota Tangsel masih menunggu informasi pengiriman dari pusat terkait jadwal pengirimannya. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. KPU
  2. Surat Suara
  3. Pemilu 2019
  4. Tangerang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini