39 Anggota Bawaslu Bekasi Jatuh Sakit Karena Kelelahan

Kamis, 25 April 2019 20:46 Reporter : Adi Nugroho
39 Anggota Bawaslu Bekasi Jatuh Sakit Karena Kelelahan rekapitulasi suara hasil pemilu tingkat kecamatan. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sebanyak 39 anggota Bawaslu Kabupaten Bekasi, Jawa Barat jatuh sakit akibat kelelahan selama bertugas. Sebagian besar dari mereka bahkan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kami terus memantau kondisi mereka baik yang dirawat di rumah sakit maupun di rumah," kata Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu, Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi, Kamis (25/4).

Menurut dia, sebagian besar dari mereka merupakan pengawas TPS yang bertugas melakukan pengawasan ketika proses pemungutan suara sampai penghitungan suara selesai. Mereka kelelahan karena bertugas hingga 24 jam lebih.

"Sakitnya bermacam-macam, ada yang tifus, demam berdarah, vertigo, gejala ginjal dan lainnya," kata Akbar.

Akbar mengakui proses pemilu cukup menguras tenaga. Sebab, mayoritas penghitungan suara baru selesai dini hari, bahkan ada yang sampai pagi hari atau 24 jam lebih sejak bertugas mulai pukul 07.00 di TPS.

"Sampai saat ini belum ada yang menanggung biaya perawatan. Kami memberikan bantuan seadanya untuk sementara," kata dia.

Pihaknya telah mendata semua petugas di bawah tanggung jawab Bawaslu Kabupaten Bekasi untuk dilaporkan ke Bawaslu Jawa Barat. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini