Zainal Arifin Mochtar nilai banyak peserta seleksi caleg PSI masih awam

Minggu, 5 November 2017 18:03 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Zainal Arifin Mochtar nilai banyak peserta seleksi caleg PSI masih awam Zainal Arifin Mochtar. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengundang beberapa tokoh untuk menguji bakal Caleg PSI untuk dicalonkan menjadi Calon Legislatif 2019 mendatang. Salah satu tim Independen panitia seleksi caleg PSI adalah dosen Hukum Tata Negara Universitas Gajah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar.

Dalam pengamatannya, ada beberapa bakal calon legislatif PSI 2019 masih belum mumpuni.

"Kebanyakan memang masih awam banget ya. Karena mereka mostly cuma satu yang latar belakangnya hukum, itu pun bila dikejar konseptual hukumnya keteter," kata Zainal usai menguji bakal caleg 2019 di DPP PSI, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (05/11)

Tokoh pegiat antikorupsi itu menjelaskan, tiga hal penting untuk menjadi calon legislatif antara lain integritas, kapabilitas dan akseptabilitas. Dari integritas, Zainal melihat beberapa peserta memiliki keyakinan kuat untuk tidak korupsi.

"Saya melihat integritas dari janji dan sebagainya tapi kan integritas ini gak cukup dengan words, perlakuan juga kan, dan partai harus berperan untuk menjaga mereka," ucap Zainal.

Lanjutnya, partai sendiri harus membangun kapabilitas untuk membangun para Caleg yang kompeten.

"Partai juga berperan untuk menguatkan mereka karena misi pendidikan politik ya di situ, masih ada 2 tahun menuju pemilu ya harus dikuatkan," ucap Zainal.

"Dan ketiga yang kita harapkan adalah bagaimana menjual mereka, sehingga akseptablitas itu naik di mata publik," jelasnya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Partai Solidaritas Indonesia
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini