Wiranto Sebut Tak Ada Pembicaraan Referendum dengan Tokoh Papua

Jumat, 30 Agustus 2019 21:24 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wiranto Sebut Tak Ada Pembicaraan Referendum dengan Tokoh Papua Menko Polhukam Wiranto Berikan Keterangan di Istana. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto telah melakukan pertemuan dengan tokoh dan pemuda Papua. Pertemuan itu guna menyelesaikan kerusuhan yang terjadi di Papua.

"Dalam forum bukan salah menyalahkan tapi berbicara menghentikan kerusuhan situasi menegangkan dan banyak merugikan kepentingan nasional kita hentikan lalu pulihkan," katanya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8).

Dalam pertemuan itu, dia mengungkapkan, ada masukan dari para tokoh untuk pemerintah demi kemajuan Papua. Namun, Wiranto mengaku, tidak mungkin usulan tersebut dilakukan jika masih terjadi kerusuhan.

"Disampaikan oleh tokoh masyarakat tentang yang harus diperbaiki. Tapi tidak mungkin harapan itu, saran itu kita bangun sambil kita rusuh. Rusuh dihentikan dulu tenang dulu, maka kita baru dialog," terangnya.

Wiranto mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut menegaskan Papua merupakan bagian dari Indonesia. Sehingga tidak ada pembahasan mengenai rencana referendum ataupun kemerdekaan Papua.

"kesempatan itu tidak bicara referendum. Tidak bicara kemerdekaan. Karena NKRI harga mati. Papua dan Papua Barat telah menjadi bagian sah dari Indonesia," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini