Waspada Varian Covid-19 Omicron, DPR Minta Pemerintah Perketat Pintu Masuk RI

Minggu, 28 November 2021 09:09 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Waspada Varian Covid-19 Omicron, DPR Minta Pemerintah Perketat Pintu Masuk RI Petugas Swab Tes PCR di Jakarta. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Organisasi kesehatan dunia atau WHO mengumumkan adanya varian baru Covid-19 yang ditemukan di Afrika Selatan yaitu Omicron. Terkait hal itu Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta agar pemerintah segera mencegah virus tersebut agar tidak masuk ke Indonesia.

"Langkah pertama dan juga paling utama dalam menyikapi kemunculan varian baru yang telah menimbulkan kekhawatiran masyarakat dunia ini, ya, kita tidak boleh panik dan kawatir, Ini penting dan yang utama," kata Rahmad dalam pesan singkat, Minggu (28/11).

Dia juga meminta agar pemerintah terus memperkuat 3T, yakni testing, tracing, treatment. Serta masyarakat bisa mengurangi mobilitas dan keramaian agar memutus mata rantai virus.

"Selanjutnya yang berbasis risiko, kita tetap mengupayakan perubahan perilaku dengan cara memasifkan 3 M lalu ditambah mengurangi mobilitas, aktivitas, berkunjung tempat keramaian," ujarnya.

Politisi asal Boyolali, Jawa Tengah ini menambahkan, saat ini salah satu cara efektif melawan pandemi adalah vaksinasi. Dia menjelaskan menurut WHO dan para ahli, secara ilmiah vaksin cukup efektif melawan berbagai varian covid.

"Vaksinasi harus terus digencarkan sesuai target pemerintah Sambil jalan lah, para ilmuwan tentu akan terus mengkaji, memperbaiki menyempurnakan terhadap vaksin. Paling tidak vaksinasi kita optimalkan melawan covid 19," katanya

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar pemerintah memperketat pintu-pintu masuk ke Indonesia, baik di bandara atau pelabuhan laut , perbatasan darat. Termasuk proses karantina harus diperkuat agar petugas tetap menjaga sesuai dengan protokol kesehatan yg telah ditentukan.

"Warga negara asing yang berkunjung ke Indonesia dan warga Indonesia yang kembali dari negara lain, harus tetap mengikuti protokol kesehatan," pungkasnya.

Baca juga:
Suasana Bandara Afrika Selatan Seusai Kemunculan Varian Covid-19 Omicron
WHO Sebut Varian Baru Virus Corona B.1.1.529 dengan Nama Omicron
Di Depan Himpunan Pengusaha Nahdliyin, Ibas Bicara Ancaman Varian Covid-19 Omicron
Arab Saudi Tutup Penerbangan dari dan ke Tujuh Negara Afrika karena Varian Omicron
Cegah Varian Omicron Masuk, RI Tutup Pintu Masuk Bagi Warga Negara Afrika
Dokter Afrika Selatan Beberkan Gejala Pasien yang Terinfeksi Covid Varian Omicron

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini