Warga Depok Bikin Sayembara Tangkap Maling Dapat Hadiah Rp 500 Ribu

Selasa, 13 Agustus 2019 01:02 Reporter : Nur Fauziah
Warga Depok Bikin Sayembara Tangkap Maling Dapat Hadiah Rp 500 Ribu Sayembara tangkap maling di Depok. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Berbagai cara dilakukan untuk menekan kejahatan. Mulai dari siskamling hingga menggelar sayembara. Seperti yang dilakukan warga RW 03 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Bagi yang berhasil menangkap penjahat disertai barang bukti, maka akan diberi hadiah uang Rp 500 ribu.

Spanduk besar pun dipasang agar diketahui banyak orang. Dalam spanduk bertuliskan, syarat memenangkan sayembara tangkap maling, jika warga menangkap maling bersama barang bukti.

Syafifudin, pengurus RW 03 bagian keamanan mengatakan sayembara bernilai Rp 500 ribu itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kejadian yang kerap melanda lingkungan perumahan mereka. "Kami geram, selalu ada saja kejadian pencurian maupun penjambretan di lingkungan kami," katanya, Senin (12/8).

Pasalnya kata dia, sudah lebih dari sepuluh kali pencurian dan penjambretan terjadi di lingkungan RW 03. Bahkan pernah dalam sebulan, seminggu sekali mulai dari pencurian rumah kosong hingga jambret handphone atau benda berharga warga yang sedang melintas. "Makanya kami adakan sayembara ini untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat," ucapnya.

Cara ini kata dia, juga untuk membantu kepolisian. Setelah ada pelaku dan barang bukti nanti pihaknya akan menyerahkan ke polisi. "Justru kita membantu pihak kepolisian, jika ada maling yang tertangkap langsung serahkan ke kepolisian dan kami hanya mengetahui," paparnya.

Uang yang diberikan untuk hadiah itu berasal dari iuran warga. Di sana ada 11 RT di RW 03. Dia berharap pelaku aksi kriminalitas yang saat ini meresahkan warga di RW 03 Kelurahan Depok Jaya bisa tertangkap. "Biar pada kapok juga jadi enggak maling lagi," pungkasnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Depok
  2. Pencurian
  3. Kriminal
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini