Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Pesantren Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19

Rabu, 8 Juli 2020 16:06 Reporter : Fikri Faqih
Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Pesantren Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19 Wapres Maruf Amin. ©2020 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengharapkan agar pondok pesantren tidak menjadi pusat penularan baru Covid-19. Mengingat beberapa pondok pesantren sudah mulai menerapkan pola hidup baru atau new normal.

"Pesantren jangan menjadi pusat penularan baru. Jangan ada istilah pesantren menjadi pusat penularan Covid-19, harus dicegah," katanya dalam kunjungan ke Pondok Pesantren Assobariyyah, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (8/7).

Dia mengungkapkan untuk mencegah hal tersebut, maka pemerintah atas usulan Menteri Agama memberikan perhatian bagi pesantren. Pemerintah menyiapkan dana Rp 2,6 triliun untuk membantu pesantren dalam pengadaan alat-alat berhubungan protokol kesehatan.

"Kemarin saya lapor ke Presiden, mau ke Sukabumi. Presiden sampaikan supaya diberikan bantuan kepada pesantren," ujarnya.

Menurut Ma'ruf, pesantren diberikan dana untuk membangun fasilitas cuci tangan, masker dan sebagainya. Jumlah total bantuan yang diberikan untuk masing-masing pesantren pun beragam.

"Alhamdulillah pemerintah punya perhatian terhadap pesantren," ungkapnya seperti dilansir dari Antara.

1 dari 1 halaman

Dia menjelaskan, disamping agar pesantren tidak jadi pusat penularan baru, apabila dipersiapkan dengan baik akan lebih aman dari Covid-19 dibandingkan pendidikan di luar.

"Karena pendidikan di luar pesantren (siswa) bolak-balik. Kalau pesantren dia dikarantina. Maka saya pesan kepada Pak Kiai, jangan keluar masuk (santri), jangan diantar atau ditengok (keluarga) dulu, Insyaallah aman," terang Ma'ruf.

Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi yang ikut mendampingi Wapres menyampaikan bahwa Pemerintah tidak hanya memberikan bantuan pada pesantren saja, tetapi juga untuk sekolah keagamaan lain yang berasrama. [fik]

Baca juga:
Ponpes Gontor 2 Diisolasi Setelah Santrinya Terkonfirmasi Positif Covid-19
Setelah Putra, Ashanty Kembali Angkat Anak dan Datangi Langsung Rumahnya
Abah Budiman, Polisi Inspiratif Purwakarta yang Dirikan Pesantren Bagi Warga Miskin
Kembali ke Pondok Pesantren, 160 Santri di Sidoajo Ikut Rapid Test Gratis
Kembali Normal, Pondok Pesantren di Sukabumi Mulai Terima Santri Baru
Menag Siapkan Rp2,3 Triliun untuk Bantuan Operasional Pondok Pesantren

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini