Wali Kota: Angka Kemiskinan di Banda Aceh Menurun

Rabu, 2 Desember 2020 11:55 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Wali Kota: Angka Kemiskinan di Banda Aceh Menurun Ilustrasi kemiskinan. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyebutkan angka kemiskinan di daerah itu mengalami penurunan 0,32 persen pada kuartal I 2020.

"Meski di tengah pandemi Covid-19 Banda Aceh justru menjadi satu-satunya kota di Aceh yang angka kemiskinannya menurun," kata dia di Banda Aceh dilansir Antara, Rabu (2/12).

Berdasarkan data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS), Banda Aceh berada pada posisi teratas kabupaten/kota dengan angka kemiskinan terendah di Aceh.

Per kuartal I 2020, kata Aminullah, angka kemiskinan menurun 0,32 persen dari 2019 sebesar 7,22 persen hingga 2020 menjadi 6,90 persen.

"Banda Aceh sendiri satu-satunya daerah yang masuk dalam zona hijau kemiskinan di Aceh, daerah lainnya berada di atas 10 persen," ujarnya.

Dia menyampaikan penurunan angka kemiskinan tersebut tidak terlepas dari sejumlah program peningkatan kesejahteraan masyarakat sejak 2017.

“Alhamdulillah, ini menandakan ekonomi yang semakin tumbuh, turunnya angka pengangguran serta kesejahteraan warga kota meningkat,” katanya.

Selain itu, Aminullah menyebutkan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Banda Aceh saat ini juga naik dari 8.255 unit pada 2017 menjadi 15.105 usaha hingga akhir September 2020 atau 98 persen.

"Karena kebangkitan UMKM yang terus menjamur ini, maka munculnya gebrakan baru dengan mendirikan lembaga keuangan mikro Mahirah Muamalah Syariah (MMS)," ujar mantan Direktur Bank Aceh ini.

Pemberdayaan masyarakat juga diterapkannya melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan. Oleh karena itu, Aminullah kerap menyerahkan berbagai bantuan, terlebih dalam masa pandemi Covid-19.

"Pemkot Banda Aceh selalu memberikan bantuan kepada masyarakat berupa modal usaha, alat kerja, hingga pemberian uang tunai kepada warga dan pelaku usaha kecil," kata dia. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemiskinan
  3. Banda Aceh
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini