Wakapolri: Masalah street crime itu gampang menyelesaikannya

Kamis, 5 Juli 2018 14:15 Reporter : Merdeka
Wakapolri: Masalah street crime itu gampang menyelesaikannya Wakapolri Komjen Syafruddin temui ulama. ©2018 Istimewa

Merdeka.com - Wakapolri Komjen Syafruddin menilai kejahatan jalanan adalah kriminalisasi yang seharusnya mudah diselesaikan. Polri hanya butuh ketahanan fisik lebih dan investigasi mendalam.

"Masalah street crime (kejahatan jalanan) harus diselesaikan dan itu gampang menyelesaikannya, tidak memerlukan pikiran itu hanya memerlukan kehadiran fisik dan investigasi lebih luas dan mendalam," kata Syafruddin di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Kamis (5/7).

Mudahnya mengentas aksi kriminal jalanan, menurut Syafruddin, tak ayal seperti memberantas aksi peredaran mimuman keras. Saat ini aksi kriminal jalanan diinventarisir seperti begal, jambret, copet, dan pencurian dengan kekerasan (curas).

Karena dianggap mudah, Jenderal bintang tiga ini pun mengingatkan kepada pimpinan wilayah Polri untuk bisa segera memberhentikan kasus tersebut. Karena kalau tidak, ancaman sanksi pencopotan akan dilakukan.

"Jadi kita akan evaluasi penilaian, pimpinan-pimpinan, komandan-komandan wilayah, yang street crimenya tidak berhenti kita ganti, kan gampang saja."

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberi atensi khusus terhadap kriminal jalanan ini. Hal ini menyusul persiapan Asian Games yang dimulai pada Agustus 2018. Tito menegaskan, ada empat wilayah prioritas untuk oprasi keamanan tersebut, seperti DKI Jakarta, Sumsel, Jabar, dan Banten.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini