Tokoh Jawa Barat berharap Yuddy tak terlalu lama jadi Dubes Ukraina

Senin, 13 Maret 2017 21:12 Reporter : Rizky Andwika
Tokoh Jawa Barat berharap Yuddy tak terlalu lama jadi Dubes Ukraina Presiden Jokowi resmi lantik 17 Duta Besar. ©2017 merdeka.com/rizky erzi andwika

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 17 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk negara sahabat di Istana, Jakarta, Senin (13/3). Dari 17 Duta Besar, salah satunya ada nama mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi. Beberapa tokoh Jawa Barat turut serta menghadiri acara pelantikan Duta Besar yang berlangsung dengan penuh hikmat tersebut.

Salah satunya, yaitu Prof. Dr. Didi Turmudzi yang juga Ketua Umum Paguyuban Pasundan Jawa Barat. Organisasi ini dikenal dengan berbagai kegiatan di bidang pendidikan dan budaya melalui sebuah universitas, 3 Perguruan Tinggi dan 120 sekolah serta ribuan siswa dan mahasiswa di berbagai pelosok Jawa Barat. Prof Didi mengungkapkan rasa sedih sekaligus bangga atas dilantiknya Yuddy Chrisnandi sebagai Duta Besar LBPP RI untuk Ukraina tersebut

"Sedih dan prihatin karena kita harus berpisah dengan Kang Yuddy yang punya potensi besar bukan sebagai dubes. Namun sebaliknya gembira karena Kang Yuddy bisa menjawab tantangan global. Penugasan ini adalah tempat bagi Kang Yuddy untuk menempa diri dalam rangka melakukan perjuangan yang lebih besar lagi ketika nanti akan kembali ke Tanah Air," kata Didi.

Didi juga mengungkapkan besarnya harapan di pundak Yuddy, selaku tokoh muda Jawa Barat yang potensial dan punya karakter petarung yang menurutnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jawa Barat.

"Menjadi dubes anggap saja pemanasan dan menempa diri serta membangun komunikasi dengan dunia internasional. Mudah-mudahan ini adalah yang terbaik dari Allah SWT dan ada rencana terbaik darinya untuk Kang Yuddy juga bagi bangsa dan negara Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, doa dan harapan juga disampaikan Noeri Ispandji Firman, selaku Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi, sebuah ormas kepemudaan terkemuka di Jawa Barat.

"Sebenarnya berat melepas Kang Yuddy menjadi dubes di Ukraina karena beliau sosok pemimpin muda di Jawa Barat yang potensial dan memiliki masa depan cerah. Namun karena ini adalah tugas negara dan perintah dari Presiden Jokowi maka kita harus ikhlas melepas beliau," ujar Noeri.

Namun demikian, Noeri berharap agar Yuddy jangan terlalu lama berkiprah menjadi duta besar di negara bekas pecahan Uni Sovyet tersebut. Sebab, ia berharap agar Politikus Partai Hanura itu dapat kembali ke untuk berkiprah sekaligus mengawal proses politik di Tanah Air.

"Semoga dengan menjadi Duta Besar di Ukraina, Kang Yuddy dapat melihat persoalan di tingkat nasional secara lebih tenang dan jernih serta tidak masuk dalam gejolak politik sesaat yang justru malah merusak karir dan masa depan beliau," harapnya.

Memet Hamdan, mantan Ketua Bamus Jawa Barat, yang juga dikenal sangat getol mengangkat budaya sunda di pentas nasional dan internasional meyakini Yuddy Chrisnandi dapat berhasil berkiprah menjadi seorang duta besar.

"Pak Yuddy sangat puas dan happy dengan penugasan selaku Duta Besar di Ukraina, Georgia dan Armenia. Penugasan tersebut sangat baik karena akan melengkapi daftar pengalamannya sekaligus membuka nalar dan wawasan yang kuat selaku wakil negara dan bangsa Indonesia di negara belahan timur," katanya.

Ketika diminta tanggapannya atas pelantikannya sebagai Duta Besar Tiga Negara Armenia, Georgia dan Ukraina, Yuddy menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi serta Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya sebagai wakil pemerintah Indonesia. Yuddy juga mengungkapkan keharuannya atas kehadiran tokoh-tokoh yang merepresentasikan warga Jawa Barat di acara pelantikannya.

"Saya mohon doa restu atas penugasan ini semoga dimanapun saya berada dapat menjadi kebanggaan warga Jawa Barat khususnya dan seluruh rakyat bangsa Indonesia," kata Yuddy. [msh]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini