Tingkatkan PDRB, Puti didukung Forum Koperasi se-kab Blitar

Senin, 9 April 2018 06:49 Reporter : Bruriy Susanto
Puti Guntur bertemu Forum Koperasi se-kabupaten Blitar. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Wakil Gubernur Jatim, Puti Guntur Soekarno, berjanji akan memajukan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM). Caranya, memadukan antara program koperasi dengan pegiat UMKM.

Cucu Bung Karno ini menilai UMKM dan Koperasi adalah penyumbang PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) terbesar di Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sekitar 54 persen lebih. Maka itu perlu ditingkatkan lagi.

Puti Guntur bertemu Forum Koperasi se-kabupaten Blitar 2018 Merdeka.com

Untuk itu, dalam kampanyenya kali ini, Puti yang bertemu dan menghadiri rapat koordinasi dengan anggota Forum Komunikasi KSP/ USP dan Kopwan Se-Kabupaten Blitar mengajak anggota pegiat UKM untuk bermandiri, melek dengan teknologi.

"Gus Ipul dan saya mempunyai program untuk pemberdayaan program dan koperasi. Ini semua ada di terdapat dalam program namaya super star," kata Puti, Minggu (8/4).

Program super star ini memberikan peningkatan pemberdayaan UMKM yang basisnya pada perempuan. Dengan seperti itu, kedepan bisa membuka dan memperluas lapangan kerja.

Puti Guntur bertemu Forum Koperasi se-kabupaten Blitar 2018 Merdeka.com

Apalagi di tiap daerahnya itu terdapat destinasi wisata, maka akan membuka linier UMKM di desa. Karene PDRB di Jawa Timur itu merupakan dari UMKM dan koperasi.

"Perlu ibu-ibu ketahui 54 persennya penyumbang PDRB di Jawa Timur adalah dari sektor UMKM dan koperasi. Ke depannya ini perlu diperkuat," ujar dia.

Puti Guntur bertemu Forum Koperasi se-kabupaten Blitar 2018 Merdeka.com

Disamping itu, ada yang harus dihadapi untuk pegiat UKM, yakni soal teknologi di era digital sekarang ini. Dari situ, yang harus dilakukan adalah pegiat UKM itu perlu dilakukan pendampingan, untuk menyasar sektor ekonomi kreatif.

Guna mengatasi problem tenaga kerja di tengah tren industri dan pertanian. "Untuk dalam hal ekonomi kreatif ini, Gus Ipul dan saya menyiapkan program penciptaan 1.000 bisnis rintisan (startup) unggulan," ujar dia. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini